Breaking News:

Imbauan Menteri Agama Rayakan Lebaran Bersama keluarga Inti Saja, Banyak OTG

Bukan cuma melarang salat Idulfitri di masjid apalagi di lapangan, pemerintah juga meminta masyarakat menghilangkan kebiasaan saling berkunjung.

TRIBUN JABAR/ARI RUHIYAT
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Bukan cuma melarang salat Idulfitri di masjid apalagi di lapangan, pemerintah juga meminta masyarakat menghilangkan kebiasaan saling berkunjung di momen hari raya.   

Menteri Agama, Fachrul Razi, mengimbau umat muslim berlebaran di rumah bersama keluarga inti. Jika biasanya silaturahim dilakukan dari rumah ke rumah, kali ini masyarakat disarankan tak menerima tamu.

Hal ini demi menghindari penyebaran Covid-19. Apalagi, sekarang banyak yang tidak bergejala tetapi ternyata membawa virus.

"Tidak usah ke mana-mana dan juga tidak usah menerima tamu karena tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak sekarang orang tanpa gejala," kata Fachrul Razimelalui video telekonferensi yang dipantau dari YouTube BNPB, Kamis (21/5/2020).

Bunuh Anggota TNI Lalu Sembunyi di Hutan Lima Hari, Komang Tewas Tertembus Tiga Peluru

Fachrul mengatakan, silaturahim saat Lebaran tidak hanya dengan pertemuan fisik.

Saat ini, masyarakat dapat memanfaatkan media sosial untuk bersilaturahmi. Atau, cara yang paling sederhana, melakukan panggilan video menggunakan ponsel.

Guru Honorer di Garut Kecewa Berat dan Pasrah karena Bank Penyalur Bantuan Pemerintah Tutup

"Banyak sekali medsos yang tersedia sekarang. Contoh melalui hp pun kita bisa, kita tinggal video call kita sudah bisa berkomunikasi dengan temen-temen, dengan saudara-saudara di manapun dia berada," ujar Fachrul.

"Bermaafan itu atau silaturahmi kan tidak harus ketemu fisik. Silaturahim terjadi bukan karena kedekatan fisik tapi karena kedekatan batin, kedekatan hati," ujarnya.

Ezechiel NDouassel Bisa Saja Lewati Capaian Sutiono Lamso Jika Bertahan di Persib

Selain anjuran tak menerima tamu, Fachrul juga kembali mengimbau masyarakat untuk tidak mudik. Dengan penyebaran Covid-19 yang masih tinggi, mudik justru dapat membawa bencana ke keluarga di kampung. Fachrul juga lagi-lagi meminta masyarakat untuk menunaikan salat Idulfitri di rumah, demi menghindari penularan virus.

ASN Kabupaten Bandung dan 2 Temannya Diamankan Polisi di Check Point Derwati, Bawa Sabu-sabu

"Mengimbau keras supaya shalat Idulfitri dilakukan di rumah saja bersama keluarga inti," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak OTG, Menag Minta Masyarakat Tak Terima Tamu Saat Lebaran"

Editor: Giri
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved