Hujan Deras, Longsor Hingga Pohon Tumbang Menerjang Dua Wilayah di KBB

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebabkan terjadi longsor dan pohon tumbang

Istimewa
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan waktu yang cukup lama menyebabkan terjadi longsor dan pohon tumbang di dua wilayah, pada Rabu (20/5/2020) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan waktu yang cukup lama menyebabkan terjadi longsor dan pohon tumbang di dua wilayah, pada Rabu (20/5/2020) malam.

Untuk kejadian longsor terjadi di Kampung Cikancana, RT 1/8, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor hingga menyebabkan lima rumah dan satu masjid mengalami kerusakan.

Kemudian disusul dengan kejadian pohon tumbang di hingga menutup akses jalan Somawinata, Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah.

Beruntung, dari dua kejadian tersebut tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

"Longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak sore. Dalam waktu yang bersamaan hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang menutup akses jalan kabupaten," ujar Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, Kamis (21/5/2020).

Ia mengatakan, berdasarkan hasil kaji cepat, di lokasi longsor ada lima rumah yang terdampak. Satu rumah rusak berat milik Eros. Sedangkan empat rumah milik Usin, Udin, Agus, dan Kimin mengalami rusak ringan, termasuk satu Masjid.

"Tidak terdapat korban jiwa pada kejadian tersebut. Petugas bersama aparat desa langsung melakukan pendataan," katanya.

Sementara untuk pohon tumbang di Somawinata langsung dievakuasi petugas BPBD, Damkar, aparat Desa dan masyarakat setempat.

Deretan Ucapan Selamat Idul Fitri atau Lebaran 2020, Ada dari Bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia

Terkait adanya dua kejadian bencana ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan karena hingga saat ini intensitas hujan masih cukup tinggi.

"Mengingat, hujan disertai angin kencang kemungkinan terjadi sampai akhir bulan Mei," ucap Duddy.

ASN Kabupaten Bandung dan 2 Temannya Diamankan Polisi di Check Point Derwati, Bawa Sabu-sabu

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved