Ini Misi Pemuda tanpa Kedua Kaki, Jauh-jauh dari Tasikmalaya Jualan Makanan Ringan di Bandung

Pemuda tanpa memiliki kaki, Acep Yunus Imanudin (25), warga Kota Tasikmalaya, yang jualan makanan ringan

tribunjabar/firman suryaman
Acep Yunus Imanudin 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Pemuda tanpa memiliki kaki, Acep Yunus Imanudin (25), warga Kota Tasikmalaya, yang jualan makanan ringan dalam boks plastik dan ditarik badannya di Bandung, ternyata punya misi mulia.

Ia ingin tindakannya itu dijadikan bahan renungan, betapa yang disabilitas saja bisa berusaha keras. Apalagi yang memiliki tubuh normal. Jangan pernah malu punya usaha apa pun, yang penting halal.

"Usaha saya sebenarnya di Tasikmalaya. Saya biasa jualan keliling dengan cara seperti ini. Sama seperti pedagang lainnya, kadang laku banyak kadang juga sepi," ujar Acep sat ditemui di rumahnya di Kampung Aboh, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Minggu (10/5/2020).

Acep mengungkapkan, dirinya tidak pernah merasa minder dengan kondisi tubuhnya yang tak memiliki kedua kaki. Ia pun mau berusaha keras demi mencari nafkah, tidak lagi menjadi beban orang tua.

Kasus Injak Al-Quran di Tasikmalaya, Polisi Amankan Dua Tersangka

"Tapi saya lihat, banyak pemuda dengan tubuh normal menganggur. Mereka seperti tidak punya daya juang untuk hidup mandiri," kata Acep yang sehari-harinya jualan makanan ringan itu.

Melihat kondisi seperti itu, ia ingin apa yang dilakukannya menjadi bahan inspirasi bagi sesama. Yang disabilitas sana bisa mencari nafkah, apalagi yang memiliki tubuh sempurna.

"Saya kemudian memutuskan jualan di Kota Bandung. Banyak juga ternyata yang membeli dagangan saya. Mudah-mudahan tindakan saya itu dijadikan suri taulandan bagi yang lain. Tidak hanya yang memiliki tubuj sempurna, tapi juga disabilitas seperti saya," kata Acep.

Jubir Covid-19 Jabar Sebut Penambahan Kasus Corona Mulai Melandai Mei kalau Warga Disiplin

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved