Pengadaan Sarung Rp 2,8 Miliar di Tengah Corona, Ketua DPRD Sudah Ingatkan Bupati Tasikmalaya

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Alayubi, mengaku telah mengingatkan Bupati Tasikmalaya

Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Ilustrasi produksi sarung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Alayubi, mengaku telah mengingatkan Bupati Tasikmalaya bahwa lelang pengadaan sarung senilai Rp 2,8 miliar, tak sejalan dengan upaya penanggulangan pandemi corona saat ini.

"Begitu tahu ada lelang sarung ini, saya langsung mengingatkan bupati, bahwa kegiatan lelang tersebut tidak sejalan dengan program pemerintah pusat yang tengah fokus memerangi wabah corona, termasuk pengalokasian dana pusat dan daerah," kata Asep, di gedung DPRD Kabupaten, Kamis (30/4/2020).

Terlebih, lanjut Asep, kegiatan lelang, baik sarung maupun barang lainnya, tidak mengikuti anjuran keputusan bersama Menkeu dan Mendagri terkait upaya alokasi ulang anggaran pusat dan daerah pada masa pandemi corona sekarang ini.

Nasib Suami Istri di Cimahi, Penghasilan Terdampak PSBB, Motor Dicuri, Bantuan Pemerintah Belum Ada

"Dalam kebijakan yang dikeluarkan dua menteri itu, salah satunya menyebutkan, Pemda wajib memotong anggaran 50 persen atau dihapuskan, terhadap kegiatan yang tidak penting seperti pengadaan sarung ini," ujar Asep.

Asep mengatakan dari hasil penelusurannya, proses pengadaan sarung senilai Rp 2,8 miliar tersebut telah dilelangkan sejak 2 April 2020.

"Memang dananya sudah ditetapkan dalam APBD. Tapi kan sekarang ada wabah corona. Saya sarankan dihapus saja," katanya.

Seorang PDP Covid-19 Asal Majenang Jawa Tengah Meninggal di RSU Kota Tasikmalaya

Proses lelang pengadaan sarung senilai Rp 2,8 miliar ini juga jadi perbincangan hangat di sejumlah media sosial, diantatanya grup-grup WA. Proses lelang tersebut awalnya beredar di medsos dalam bentuk soft copy.

Beragam komentar bermunculan dari anggota sejumlah grup WA. Bahkan ada yang membuat lelucon, dengan menyebut, tak ada APD sarung pun jadi. 

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved