Virus Corona di Jabar

Baru Semalam Dirawat di RSU Banjar, Pasien PDP Asal Ciamis yang Baru Pulang dari Surabaya, Meninggal

Setelah sempat dirawat semalam di ruang isolasi RSU Kota Banjar, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Ciamis meninggal dunia Kamis (30/4/2020)

tribunjabar/andri m dani
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan MM 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS -  Setelah sempat dirawat semalam di ruang isolasi RSU Kota Banjar, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Ciamis meninggal dunia Kamis (30/4/2020) siang.

Pasien tersebut seorang pemuda usia sekitar 20 tahun dan baru saja melakukan perjalanan dari Surabaya.

“Informasinya pasien tersebut baru pulang dari Surabaya dan sempat dirawat semalam. Dan meninggal dunia di rumah sakit (RSU Kota Banjar), tadi siang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan MM kepada Tribun Kamis (30/4).

Gubernur Jabar Siap Terapkan PSBB Tingkat Provinsi, Begini Tanggapan Bupati Ciamis

Jenazah pemuda yang berstatus PDP tersebut menurut dr Bayu dikuburkan sekitar pukul 16.00 sore, selepas Asar, Kamis (30/4) setelah sempat sedikit mengalami keterlambatan ketika petugas melakukan tracing.

 “Warga meminta pemakaman dilakukan sesuai protocol covid. Dan oleh petugas memang dilakukan  sesuai protocol Covid-19. Cuma ada sedikit keterlambatan berkaitan dengan personil yang sedang melakukan tracing,” jelasnya.

Jenazah pria usia sekitar 20 tahun tersebut dimakamkan di kampong halamannya di salah satu desa tak jauh dari wilayah Kota Banjar.

Petugas dari Gugus Tugas Covid-19 Ciamis dan surveilans  kata dr Bayu masih melakukan  penelitian epidomologi (PE) untuk mendapatkan data yang lengkap termasuk hasil tracing.

Peternak Ayam Ciamis Akan Datangi Gedung Sate untuk Lepaskan 10 Truk Ayam Layer Jantan

“Petugas masih di lokasi. Kejadian ini belum masuk data Covid-19 hari ini,” ujar dr Bayu.

Dari update data Covid-19 Ciamis sampai jam 12.00 Kamis (30/4)  tercatat jumlah kasus konfirmasi positip Covid-19 masih 4 orang (dua orang sembuh dan dua lainnya masih menjalani masa isolasi mandiri di rumah masing-masing). Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) masih 47 orang sama dengan sehari sebelumnya.

Dari 47 orang PDP tersebut, sebanyak 24 orang sudah menyelesaikan masa PDP-nya dan 23 lainnya masih dalam pengawasan. Dari 24 PDP yang sudah menjalani masa PDP-nya sebanyak 18 orang sembuh, sementara enam orang lainnya meninggal dunia.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sampai jam 12.00 Kamis (30/4) siang totalnya sebanyak 1,826 orang atau bertambah 16 orang dibanding hari  sebelumnya. Sebanyak 1.672 orang sudah menyelesaikan masa ODP-nya  dan 154 orang lainnya masih dalam pantauan.

Meskipun kawasan Jabodadetabek sudah menerapkan PSBB berikut kawasan Bandung Raya, namun pemudik dari daerah zona merah masih terus mengalir. Total jumlah pemudik masuk Ciamis sampai Kamis (30/4) siang sebanya 35.399 orang  atau bertambah 594 orang dibanding hari sebelumnya. Dari 35.399 pemudik yang masuk kategori migrasi dalam pemantauan (MDP) tersebut sebanyak 27.791 sudah melewati masa 14 hari MDP-nya. Tinggal sebanyak 7.608 orang lainnya masih menjalani masa MDP (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved