Bulan Ramadhan

Ingin Bukber di Tengah Wabah Corona dan PSBB? Bisa Kok, Tiru Cara Muslim Inggris Bukber Sehat

Lagi ada corona, tapi pengin buka bersama atau bukber puasa Ramadhan. Bisa kok, ikuti cara muslim di Inggris bukber sehat.

Editor: Kisdiantoro
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
ILUSTRASI - Lagi ada corona, tapi pengin buka bersama atau bukber puasa Ramadhan. Bisa kok, ikuti cara muslim di Inggris bukber sehat. 

TRIBUNJABAR.ID - Kerindungan untuk bisa melakukan buka bersama atau biasa dikenal bukber puasa Ramadhan di Indonesia, masih ada.

Tapi wabah virus corona mengharuskan setiap muslim yang puasa Ramadhan untuk bukber sendiri atau bersama keluarga di rumah, tidak di tempat umum atau masjid.

Jika kamu tetap ingin melakukan buka bersama atau bukber, masih bisa kok. 

Caranya? Tirulah cara muslim di Inggris melakukan buka bersama atau bukber agar kamu tetap sehat dari terhindar dari virus corona.

//

Organisasi muslim di Inggris mengadakan buka bersama secara virtual dengan menggunakan aplikasi media sosial Facebook dan Zoom.

Acara ini diinisiasi oleh the Ramadan Tent Project (RTP) yang sebelumnya berencana akan mengadakan buka bersama lintas keyakinan dan mengundang tokoh-tokoh politik serta agama di Inggris.

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Junub yang Benar, Bagaimana Kalau Mimpi Basah Siang Hari Ramadhan

Melansir The National (20/4/2020) RTP sebelumnya pernah menggelar buka puasa terbuka yang bertempat di Westminster Abbey, Wembley Stadium dan Trafalgar Square. Namun, situasi pandemi virus corona yang melanda Ramadhan tahun ini, menyebabkan mereka terpaksa beralih menggunakan cara virtual.

Umat muslim di Inggris tahun ini harus merayakan bulan Ramadan dalam situasi lockdown.

Pendiri sekaligus CEO dari RTP, Omar Salha mengatakan bahwa sangat penting bagi orang-orang untuk merasa saling memiliki di masa seperti ini.

“Bulan suci Ramadhan adalah pintu gerbang bagi semua untuk berhenti sejenak, merenung dan terhubung kembali dengan rasa kemanusiaan kolektif kita. Covid-19 mungkin berdampak pada semua acara Buka Puasa Terbuka kami yang harus dibatalkan, tetapi Ramadhan tidak dibatalkan, dan kami bangga menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif," kata Omar.

Acara buka puasa virtual ini akan diadakan setiap hari selama bulan Ramadhan dan tidak dipungut biaya.

Setiap orang yang telah mendaftar akan menerima paket yang berisi perlengkapan untuk menyiapkan buka puasa di rumah.

Heboh Hadist Ada Dukhon di 15 Ramadhan 2020, Benarkah? Ini Kata Buya Yahya & Syafiq Riza Basalamah

Paket tersebut berisi buku resep oleh Asma Khan, pemilik restoran Darjeeling Express, lembar informasi Ramadhan dan Islam, sampel makanan, dekorasi, dan buku panduan tentang virus corona.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved