Tanpa Dana dari Pemerintah, Kampung Cidahu di Tasikmalaya Bikin Satgas Tangkal Corona

Kami tidak kesulitan mengumpulkan dana karena ini atas kemauan warga sendiri. Kami khawatir kampung kami terpapar virus corona.

tribunjabar/firman suryaman
Petugas Satgas Kampung Cidahu, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, menyemprotkan disinfektan kepada tamu di bilik plastik, Senin (6/4). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Kampung Cidahu, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, menggunakan dana secara mandiri untuk membentuk satuan tugas sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 .

Ketua Satgas Kampung Cidahu, yang juga Ketua RW 18, Oneng Priatna, mengungkapkan semua biaya operasional Satgas Kampung Cidahu ditanggung secara mandiri dari warga.

"Tidak ada bantuan dari pemarintah. Ini murni swadaya masyarakat secara urunan. Warga dengan sukarela menyisihkan sebagian rezekinya untuk memenuhi segala kebutuhan satgas kampung," ujar Oneng, Senin (6/4/2020).

Kebutuhan itu, antara lain untuk membuat spanduk antisipasi di atas jalan masuk kampung, membuat pelang larangan masuk yang bisa dipindah, posko satgas, bilik penyemprotan, cairan disinfektan, peralatan penyemprotan, serta biaya operasional sehari-hari.

"Kami tidak kesulitan mengumpulkan dana karena ini atas kemauan warga sendiri. Kami khawatir kampung kami terpapar virus corona," ujar Oneng.

Satgas Kampung Cidahu pun bertugas 24 jam penuh, dilakukan secara bergiliran dan dikoordinasi oleh ketua RW yang bertugas selaku ketua satgas kampung.

"Kami berharap keberadaan satgas kampung ini mampu menangkal Covid-19 masuk kampung kami. Warga luar yang tidak jelas keperluannya juga kami tolak masuk," kata Oneng. (*)

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved