VIDEO Pangandaran Kini Memiliki RSUD, Namanya Pemberian Gubernur Ridwan Kamil

Kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat. Dan, Pangandaran baru hari ini punya rumah sakit sendiri.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Di tengah mewabahnya virus corona, rumah sakit Jawa Barat bertambah satu. RSUD Pangandaran diresmikan mulai beroperasi secara virtual oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dari Gedung Pakuan Bandung, Sabtu (4/4) pukul 09.00 WIB.

 Rumah sakit berlantai empat itu dibangun sejak dua tahun lalu.

“Tadi Pak Gubernur tidak hanya meresmikan (secara virtual), tetapi juga memberikan nama RSUD Pangandaran dengan nama RSU Pandega, yang berarti RSU Pangandaran Sehat dan Bahagia,” ujar Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, kepada Tribun via telepon Sabtu (4/4/2020).   

Menurut Jeje Wiradinata, selama karier politiknya terutama setelah empat tahun menjadi Bupati Pangandaran, ia merasa RSUD Pandega inilah yag menjadi proyek paling monumental.

“Kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat. Dan, Pangandaran baru hari ini punya rumah sakit sendiri,” ucapnya.

Selama ini warga Pangandaran kalau sakit dan berobat apalagi dirawat, kata Jeje Wiradinata, harus pergi ke Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, bahkan ke Banyumas maupun Cilacap. Yang tentunya akan menguras waktu, tenaga dan biaya.

“Sekarang Pangandaran sudah punya rumah sakit sendiri. Gedungnya berlantai empat, megah. Fasilitasnya setara hotel, tiap kamar ada AC, kulkas, TV. View-nya ada yang menghadap pantai. Halaman parker luas.  Rumah sakit itu hari ini resmi beroperasi,” ujar Jeje yang juga mantan Wabup Ciamis tersebut.

RSUD Pandega ini dibangun selama dua tahun atau 660 hari kalender dan menelan anggaran sebesar Rp 400 miliar yang berasal dari APBD Pemprov Jabar dan APBD Pangandaran.

Halaman
123
Penulis: Andri M Dani
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved