Pemudik dari Zona Merah Berdatangan ke Ciamis, Dalam Sehari Jumlah PDP Naik 4 Kali Lipat

Pada libur nasional Hari Raya Nyepi, Rabu (25/3/2020) jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Ciamis

Pemudik dari Zona Merah Berdatangan ke Ciamis, Dalam Sehari Jumlah PDP Naik 4 Kali Lipat
Tribun Jabar/Andri M Dani
Seorang warga melintas di dekat tenda yang dipasang di RSU Ciamis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Pada libur nasional Hari Raya Nyepi, Rabu (25/3/2020) jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Ciamis naik 4 kali lipat.

Sehari sebelumnya jumlah PDP Covid-19 di Ciamis hanya seorang. Tapi pukul 12.00 Kamis (26/3) jumlah PDP sudah lima orang,  dalam sehari ada penambahan empat orang PDP.

“Terhitung sampai pukul 12.00 hari ini total PDP sudah lima orang. Sehari sebelumnya PDP hanya tinggal seorang. Artinya dalam sehari ada penambahan jumlah PDP sebanyak empat orang,” ujar jurubicara Gugus Tugas Ciamis Covid-19 Crisis Centre, dr  Bayu Yudiawan kepada Tribun dan wartawan lainnya, Kamis (26/3/2020).

Ke-4 orang PDP baru tersebut menurut dr Bayu semuanya baru datang atau pulang dari daerah zona merah seperti Jakarta, Bekasi dan Bandung.

Setiap Keluarga Terdampak Covid-19 di Jabar akan Dapat Rp 500 Ribu, Utamanya yang Tak Berpenghasilan

Mereka setiba di Ciamis punya gejala demam mencurigakan, bahkan ada yang punya riwayat pernah menjalani rawat inap sebagai pasien pnemoni dan ada juga yang mengaku pernah kontak atau berinteraksi dengan pasien positive covid-19 di daerah zona merah tersebut.

“Ke-4 PDP itu kini menjalani observasi di ruang isolasi. Dua orang sudah diambil sample-nya,” katanya.

Sebelum di Ciamis ada dua orang PDP tetapi setelah menjalani 14 masa PDP- seorang diantaranya negatif. “Sementara seorang masih menjalani masa PDP, masih menunggu hasil. Hari ini dan tadi malam tambah empat orang lagi,” ujar dr Bayu.

Meningkat tajamnya jumlah PDP di Ciamis tersebut menurut dr Bayu menyusul banyak perantau dari Ciamis yang pulang kampung, terutama memanfaatkan hari libur nasional Rabu (25/3) Hari Raya Nyepi. Termasuk dari daerah zona merah.

Para pemudik tersebut tersebut mendatangi puskesmas di lingkungan mereka.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved