Wabah Virus Corona

Update Penanganan Pasien Corona di RSHS, Jumlah PDP Bertambah, Total yang Meninggal Lima

Update penanganan pasien corona di RSHS Bandung. Jumlah PDP terus bertambah.

Update Penanganan Pasien Corona di RSHS, Jumlah PDP Bertambah, Total yang Meninggal Lima
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Simulasi penanganan pasien dalam status pengawasan virus corona di RSHS Bandung, Jumat (6/3/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengumumkan terjadinya penambahan jumlah kasus terdampak virus corona atau Covid-19.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS, M Kamaruzzaman mengatakan, hingga Senin (23/3/2020) pukul 18.00 WIB, jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) yang menjalani pelayanan kesehatan di RSHS Bandung mencapai 222 orang, dengan 33 orang di antaranya merupakan pasien baru.
 
Sedangkan, Pasien dengan Pengawasan (PDP) bertambah menjadi 27 orang. Di mana, semua pasien saat ini dirawat di ruang isolasi Kemuning, IGD dan RIIKK RSHS Bandung. 
 
"Hingga hari ini (Senin) pukul 18.00 WIB, Pasien ODP yang baru berjumlah 33 orang sehingga total kasus 222 orang. Sedangkan jumlah pasien yang tercatat sebagai PDP yang dirawat hari ini bertambah jumlahnya menjadi 27 orang.
Dibandingkan dengan data pada Minggu (22/3/2020) dari 17 pasien terjadi penambahan 10 kasus PDP baru, sehingga total menjadi 27 orang. Untuk PDP yang positif untuk saat ini belum ada penambahan, sehingga tetap berjumlah tujuh orang," ujarnya melalui rekaman suara yang dibagikan Humas RSHS Bandung. Senin (23/3/2020).
 
Selain terjadi penambahan jumlah kasus ODP dan PDP, Kamaruzzaman juga mengkonfirmasi adanya penambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia.
Secara keseluruhan jumlah PDP yang meninggal dunia di RSHS Bandung bertambah menjadi lima orang. 
 
"Untuk PDP yang meninggal dunia saat ini bertambah lagi satu orang yaitu, pasien laki-laki berumur 47 tahun. Meninggal hari Minggu (22/3/2020) pukul 15.46 WIB. Jadi secara keseluruhan PDP yang meninggal di RSHS sampai saat ini berjumlah lima orang, di mana dua orang di antaranya terkonfirmasi positif," ucapnya.
 
Sedangkan PDP yang terkonfirmasi positif dan sembuh, kini berjumlah dua orang yaitu, laki-laki 31 tahun dan perempuan 17 tahun. 
 
"Jika dilihat dari data keseluruhan sejak awal wabah Covid-19 ini, RSHS telah merawat sebanyak 48 pasien PDP. Oleh karena itu mari kita cegah penularan dengan menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan social distancing" katanya.
Penulis: Cipta Permana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved