Sempat Bertemu Menhub Budi Karya di Bandara Kertajati, Ridwan Kamil akan Tes Virus Corona

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yakin ia tidak tertular virus corona saat bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Kertajati, 1 Mar

Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumumkan bahwa siswa PAUD hingga SMA se-Jawa Barat harus belajar di rumah selama dua minggu, Gedung Pakuan, Minggu (15/3/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yakin ia tidak tertular virus corona saat bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Kertajati, 1 Maret 2020.

Saat itu, ia bersama Budi Karya Sumadi meninjau pemulangan kru kapal pesiar Diamond Princess.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan dirinya sangat prihatin dengan Menteri Perhubungan RI yang kini harus menjalani perawatan setelah dinyatakan positif Covid-19.

Namun demikian, Emil yakin penyebaran virus tidak berasal dari para kru kapal yang mendarat di Bandara Kertajati dan kemudian dibawa ke Kepulauan Seribu untuk dikarantina tersebut.

"Kalau mau dihubung-hubungkan dengan ABK Diamond Princess, kita pakai logika saja, ada tidak ABK Diamond Princess yang positif. Semua negatif. Itu gugur kalau menghubungkan positifnya ini dari sana," kata Emil di Gedung Pakuan, Minggu (15/3/2020).

BREAKING NEWS 7 Pasien di Jabar Positif Terinfeksi Virus Corona, 1 Meninggal Sebelum Didiagnosis

Emil mengatakan jarak antara lokasi pendaratan ABK dengan dirinya dan Menteri Perhubungan cukup jauh, sekitar 500 meter. Para ABK pun tidak terlalu lama di tempat tersebut dan langsung dibawa ke Kepulauan Seribu.

"Pendapat saya pribadi ya, kalau menghubungkan positifnya Menteri Perhubungan dengan Diamond Princess, pertama jaraknya kan jauh waktu datang kita hanya memantau dengan jarak 500 meter, turun langsung ke bis. Para ABK Diamond Princess nya semua negatif, berarti dugaan kami bukan di Kertajati," katanya.

Emil mengatakan dirinya tidak melakukan kontak fisik atau berinteraksi dengan Menteri Perhubungan saat itu karena saat bertemu, langsung melakukan press conference dengan media massa.

"Secara kronologis, bertemu Pak Menteri itu hanya pada saat menjelang Press Conference saja karena selama proses, dari maghrib sampai malam, Pak Menteri hilir mudik ke Indramayu dulu, ke pelabuhan, sementara saya dengan Pak Doni Monardo berada di hotel transit dan baru bertemunya di detik-detik melihat proses," katanya.

Walau sudah hampir melewati 14 hari dari pertemuan dirinya dengan Menteri Perhubungan tersebut, Emil mengatakan dirinya akan tetap menjalankan tes pemeriksaan untuk mengetahui apakah dirinya positif atau negatif virus corona, di Gedung Pakuan, Minggu (15/3/2020).

Cegah Penularan Virus Corona, Ridwan Kamil Umumkan Siswa di Jabar Belajar di Rumah Selama 2 Minggu

Cegah Penularan Virus Corona, Bupati Garut Minta Warga Tidak Jabat Tangan Dulu

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved