Sukabumi Diguncang Gempa Bumi, 465 Rumah Rusak, Ribuan Orang Terdampak, BPBD Terus Verifikasi Data

Sebanyak 465 unit rumah rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 yang mengguncang Sukabumi, Selasa (10/3/2020).

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Kondisi rumah yang hancur di Kampung Nanggerang RT 13/05, Sukabumi 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sebanyak 465 unit rumah rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 yang mengguncang Sukabumi, Selasa (10/3/2020).

Sampai saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memverifikasi dan memvalidasi semua laporkan kerusakan.

"Data yang masuk sekarang itu laporan dari kepala desa dan belum tetap, bisa berubah," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logiatik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman kepada Kompas.com melalui whatsapp, Kamis (12/3/2020).

Guncangan Gempa Cianjur Terasa Hingga KBB, 2 Rumah di Cikalong Wetan Rusak

"Kami masih akan memverifikasi semua data yang sudah diterima. Data yang sudah ada ini sifatnya sementara dan sepertinya belum semua melaporkan," sambung dia.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Sukabumi, Kamis (12/3/2020), dari 465 rumah yang rusak, 60 unit di antaranya rusak berat, 150 unit rusak sedang, dan 255 unit rusak ringan.

Ratusan rumah rusak ini dihuni sebanyak 547 kepala keluarga (KK) yang berjumlah 1.032 jiwa. Kerusakan rumah ini tersebar di enam kecamatan, yakni Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, Parakansalak, Cidahu, Cikidang dan Warungkiara.

"Kecamatan Kalapanunggal merupakan daerah terdampak yang terbanyak melaporkan kerusakan," ujar Maman.

Selain bangunan rumah rusak, gempa bumi ini juga merusak bangunan lainnya, seperti bangunan Sekolah Dasar (SD), Madrasah Diniyah (MD), Masjid, Mushala, dan fasilitas umum/sosial lainnya.

Cianjur Diguncang Gempa Akibat Aktivitas Sesar, Getaran Terasa Sampai Cikalong Wetan KBB

Gempa terjadi di Sukabumi Selasa (10/3/2020) sekitar pukul 17.18 WIB.

Pusat gempa berasal dari timur laut Sukabumi, Jawa Barat. Hal ini terkonfirmasi dari keterangan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya.

BMKG menyebutkan, kekuatan gempa bermagnitudo 5,0.

"Gempa Mag:5.0, 10-Mar-20 17:18:05 WIB, Lok:6.89 LS,106.62 BT (13 km TimurLaut KAB-SUKABUMI-JABAR)," tulis @infoBMKG

Sumber gempa berada di kedalaman 10 kilometer. BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. (Kompas.com/Budiyanto)

Warga Terdampak Gempa Bumi di Sukabumi Sudah Beraktivitas Seperti Biasa

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved