Warga Purwakarta Kembali Diingatkan Agar Buang Sampah Tepat Waktu, Demi Kesehatan dan Keasrian Kota

Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengajak seluruh masyarakat menyamakan persepsi serta menguatkan komitmen dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah

Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Ilustrasi: Petugas dengan mobil sampah di Purwakarta beroperasi dari pukul 5 pagi sampai 7 pagi, Selasa (9/3/2020), warga diingatkan agar buang sampah sebelum petugas beroperasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengajak seluruh masyarakat menyamakan persepsi serta menguatkan komitmen dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Purwakarta, Acep Yulimulya mengatakan pengelolaa sampah merupakan tanggung jawan seluruh stakeholder tanpa terkecuali dengan mengandalkan pemerintah.

Sejauh ini, masyarakat masih banyak membuang sampah di sembarang tempat bahkan membuangnya tak tepat waktu, seperti sering adanya tumpukan sampah di gang-gang yang ada di pinggir jalan.

Polisi Tangkap Pria di Purwakarta, Tipu Belasan Orang, Korban Sudah Setor Uang, Kerja Tak Didapat

"Mobil pengangkut sampah sudah beroperasi untuk angkut sampah dari jam 5 pagi sampai 7 pagi. Jadi, kalau warga bisa buang sampah sebelum mobil sampah beroperasi, mungkin pemandangan sampah yang berserakan di jalan tak akan terlihat," katanya di Purwakarta, Rabu (11/3/2020).

Acep menambahkan pihaknya kini sedang mengintensifkan sosialisasi agar kesadaran masyarakat dalam membuang sampah bisa tergugah. Dia juga mengimbau pada warga ketika membuang sampah untuk tak lewat waktu operasional mobil sampah.

"Kalau lewat dipastikan tak terangkut untuk dibuang ke TPS," ucapnya.

Kisah Fei Febri Temukan Passion di Bidang Lingkungan, Kini Jadi Direktur Bank Sampah Bersinar

Berdasarkan aturan, sebelum pukul 07.00 wib jalur-jalur yang ada harus sudah bersih dari tumpukan sampah.

"Kalau lingkungannya bersih, pasti akan jauh dari sumber penyakit. Warga harus lebih peka lagi jangan sampai biarkan lingkungannya kotor," ujarnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved