Kronologi 6 Warga Indonesia Terinfeks Virus Corona, Satu dari Kapal Diamond Princess

Sebanyak enam orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
ilustrasi penanganan pasien terinfeksi virus corona 

TRIBUNJABAR.ID - Sebanyak enam orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Laporan pertama masuk sejak Senin (2/3/2020). Saat itu Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok terinfeksi virus corona.

Ada dua orang pasien Covid-19 dalam kasus pertama yang terjadi di Tanah Air, yaitu seorang perempuan berusia 31 tahun (kasus 1) dan ibunya yang berusia 64 tahun (kasus 2).

Menurut Jokowi, virus corona itu didapat dari warga negara Jepang yang sempat melakukan perjalanan di Indonesia. Dia kemudian menularkan itu ke pasien Kasus 1, lalu virus corona itu sampai ke pasien Kasus 2.

Alami Gejala Mirip Terinfeksi Virus Corona, Pasien di Garut Baru Kembali dari Makau

Pemerintah kemudian men-tracing atau melakukan penelusuran dengan skema klaster untuk mengantisipasi persebaran virus ini.

Hasilnya, hingga Minggu malam diketahui ada enam pasien yang positif Covid-19 dan 21 orang masuk dalam kategori suspect.

Lima orang di antaranya diketahui berasal dari klaster Jakarta, yang masih terkait dengan Kasus 1. Mereka dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta.

Adapun, pasien Kasus 6 merupakan salah satu awak kapal pesiar Diamond Princess, yang merupakan salah satu lokasi persebaran terbesar virus corona. Pasien 6 dirawat di RSUP Persahabatan, Jakarta.

Lalu bagaimana kronologi munculnya kasus pertama?

Pada 14 Februari 2020, WNI berusia 31 tahun diduga terjangkit virus corona saat berada di sebuah restoran di Jakarta. Dia tertular dari warga Jepang yang saat itu juga sedang di tempat yang sama.

Halaman
1234
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved