Di Purwakarta, Mantan Dirjen Pajak Minta DJP agar Punya Big Data untuk Tingkatkan Pajak

Mantan Dirjen Pajak, Hadi Poernomo, mengatakan DJP perlu membuat sebuah big data sesuai instruksi undang-undang nomor 9 tahun 2017.

Di Purwakarta, Mantan Dirjen Pajak Minta DJP agar Punya Big Data untuk Tingkatkan Pajak
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Kongres I Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP21) di Purwakarta, Minggu (16/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) perlu menggaungkan peningkatan pajak dari kesadaran para wajib pajak.

Kesadaran terhadap fungsi pajak dianggap sangat bermanfaat untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Mantan Dirjen Pajak, Hadi Poernomo, mengatakan DJP perlu membuat sebuah big data sesuai instruksi undang-undang nomor 9 tahun 2017.

Implementasi big data ini, ucapnya, sangatlah membantu meningkatkan perpajakan serta menangkal korupsi yang justru merugikan negara.

"Sekarang tinggal pelaksanaannya sebab dasar hukumnya sudah ada. DJP perlu terus dorong ini agar terlaksana dengan baik," ujar Hadi Poernomo dalam kegiatan Kongres I Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP21) di Purwakarta, Minggu (16/2/2020).

Pendapatan Pajak Tak Sesuai Target, Bapenda Purwakarta Gandeng Kejari Tagih Wajib Pajak

DPRD Purwakarta Minta Pemkab Purwakarta Awasi Pajak Pakai Tapping Box

Kesempatan sama, Direktur P2 Humas DJP, Hestu Yoga Saksama mengakui memang big daya sangatlah penting dalam meningkatkan sistem perpajakan.

"Kami telah dapatkan data-data keuangan dari sejumlah instansi, seperti perbankan, asuransi, dan lembaga keungan lainnya. Jadi, apa yang diharapkan Pak Poernomo sudah tampak," ujarnya.

Hestu juga menyebut nantinya ketika ditemukan wajib pajak tak melaporkan pajaknya, pihaknya pun akan langsung mengkonfirmasikannya agar para WP bisa segera mengeluarkan kewajibannya.

"Kami juga bakal tingkatkan sisi perolehan data dengan menggunakan sistem yang baik yang mampu mengolah data secara efisien dan digunakan DJP," ujar dia. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved