Pendapatan Pajak Tak Sesuai Target, Bapenda Purwakarta Gandeng Kejari Tagih Wajib Pajak

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Purwakarta melibatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta

Pendapatan Pajak Tak Sesuai Target, Bapenda Purwakarta Gandeng Kejari Tagih Wajib Pajak
tribunjabar/nandri prilatama
Pendapatan Pajak Tak Sesuai Target, Bapenda Purwakarta Gandeng Kejari Tagih Wajib Pajak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Purwakarta melibatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah melalui penagihan wajib pajak yang menunggak.

Kepala Bapenda Purwakarta, Nina Herlina mengatakan keterlibatan Kejari sebagai penguatan Pemkab Purwakarta dalam menciptakan PAD yang baru maupun yang belum terealisasi hingga saat ini.

"Kami harap adanya keterlibatan institusi ini agar wajib pajak bisa lebih disiplin dalam bayar pajak. Jadi, ini upaya kami memulihkan tunggakan pajak daerah melalui bantuan hukum non litigasi," ujarnya di Purwakarta, Selasa (11/2/2020).

Pendapatan pajak selama ini, lanjut Nina tak sesuai target, sehingga masih banyak yang menunggak para wajib pajak. Kerjasama dengan Kejari Purwakarta ini, Nina menyebut sebagai proses awal memberikan jaminan hukum untuk lebih baik ke depannya.

BREAKING NEWS, Ditemukan Puluhan Patung di Batu Mahpar Kabupaten Tasikmalaya, Diduga Artefak

Kesempatan sama, Kepala Kejari Purwakarta, Andin Adyaksantoro mengatakan kesepakatan kerjasama guna penyelesaian permasalahan hukum perdata dan tata usaha negara yang dihadapi oleh Bapenda Purwakarta baik di dalam maupun luar pengadilan, meliputi pemberian bantuan atau pendamping hukum, pemberian pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya.

Contoh kerjasama dari kesepakatan ini, Andin mencontohkan seperti dalam hal bantuan hukum non litigasi, seperti penagihan tunggakan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2).

"Bapenda ajukan surat permohonan dulu ke Kejari, lalu bakal ada surat kuasa khusus sebagai dasar pendampingan penagihan. Intinya, kejaksaam membantu Bapenda untuk pulihkan tunggakan pajak daerah," katanya.

Laboratorium Sandia SHBC, Laboratorium Lengkap dan Modern Dukung Pelayanan Rumah Sakit

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved