Pegiat Lingkungan Garut Minta Status Gunung Cikuray Diubah

Pegiat lingkungan di Garut meminta status Gunung Cikuray diubah menjadi kawasan yang memiliki fungsi konservasi.

Pegiat Lingkungan Garut Minta Status Gunung Cikuray Diubah
M. Syarif Abdusalam
Ilustrasi gunung di Garut.

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Pegiat lingkungan di Kabupaten Garut mendorong pemerintah daerah hingga pusat, meningkatkan status fungsi kawasan Gunung Cikuray.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pemulihan kawasan hutan di gunung tersebut yang saat ini kondisinya sudah memprihatinkan.

"Kami mendorong kawasan Gunung Cikuray menjadi kawasan yang memiliki fungsi konservasi, seperti kawasan Cagar Alam (CA) misalnya,” kata Usep Ebit Mulyana, Manajer program pemulihan lingkungan hidup Yayasan Tangtudibuana dalam Focus Grup Discussion (FGD) di Kedai Kopituin, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (14/2/2020).

Menurutnya, pemulihan lahan di Gunung Cikuray ini perlu segera dilakukan.

Tokoh masyarakat dari kecamatan-kecamatan yang ada di kaki Gunung Cikuray, sudah mulai merasakan dampak dari kerusakan kawasan gunung tersebut.

“Karenanya, dari FGD ini kami mendorong pemerintah untuk meningkatkan status kawasan Gunung Cikuray,” ucapnya.

Ebit menambahkan, Gunung Cikuray secara administratif ada di wilayah lima kecamatan di Kabupaten Garut yakni Cilawu, Cikajang, Cigedug, Bayongbong, dan Banjarwangi.

Gunung ini, menjadi hulu sekaligus sumber mata air bagi tiga sungai besar yaitu Sungai Cimanuk yang bermuara di Kabupaten Indramayu, Ciwulan yang mengalir ke Kabupaten Tasikmalaya hingga bermuara ke Pantai Selatan Tasikmalaya, dan Sungai Cikaengan yang bermuara di Pantai Selatan Garut.

Maka dari itu, dengan adanya kerusakan kawasan Gunung Cikuray akan memberi pengaruh besar, terutama pada keberlangsungan siklus air untuk kepentingan masyarakat.

Yayasan Tangtudibuana bersama para peserta diskusi selain merekomendasikan perubahan status kawasan, juga berharap pemerintah daerah melakukan langkah-langkah emergensi, berupa rehabilitasi dan reboisasi, pemetaan ulang sumber-sumber mata air di Gunung Cikuray dan melakukan penataan.

"Selain itu melakukan pemantauan terhadap aktivitas-aktivitas budidaya pada kawasan-kawasan yang rawan dan jadi sumber strategis sumber mata air," ujarnya.

Wabup Helmi Budiman Tersesat, dari Ruang Praktik Kini Urusi Warga Garut (Wawancara eksklusif)

Jajaran Tribun Jabar dan Rabbani Bersilaturahmi ke Wakil Bupati Garut

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved