Komisi II DPRD Jabar Minta Sekda Jabar Definitif Serius Perhatikan Soal Ekonomi

Komisi II DPRD Jabar berharap Sekda Pemprov Jabar yang baru dilantik secara definitif, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmadja

Komisi II DPRD Jabar Minta Sekda Jabar Definitif Serius Perhatikan Soal Ekonomi
istimewa
Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati 2 

TRIBUNJABAR.ID - Komisi II DPRD Jabar berharap Sekda Pemprov Jabar yang baru dilantik secara definitif, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmadja Dipl. SE., M.Eng, benar-benar serius memperhatikan perkembangan ekonomi Jawa Barat.

"Tentu kami berharap Sekda baru yang hari ini (Jumat, 14/02/2020) dilantik, mampu menjalankan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya, terutama soal pengembangan perekonomian di Jabar," kata Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati, di Bandung, Jumat (14/2/2020).

Rahmat berharap Sekda yang baru ini agar dalam menjalankan tugas pembangunan di Jabar, dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan.

"Harus lebih baik dari tahapan prosedur sesuai dengan regulasi yang ada," ujarnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyarankan agar Setiawan Wangsaatmaja sebagai kaki tangan gubernur di jajaran birokrasi, belajar banyak dari provinsi lain mengenai beragam masalah.

Dadang Suganda, Eks Pedagang Pisang, Untung Rp 30 M di Proyek RTH Kota Bandung, Kini Tersangka KPK

Bisa jadi, lanjut Rahmat, belajar hal tertentu secara langsung dari provinsi lain yang sudah mengalami akan lebih baik untuk diterapkan di Jawa Barat.

"Belajarlah dari banyak tempat, misalnya Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI, dan lainnya. Semua yang baik itu kita adopsi. Semua yang belum maksimal kita optimalkan," ujarnya.

Rahmat mengingatkan Sekda baru agar segera mendalami beberapa peraturan daerah (perda) baru, baik yang sudah mulai dijalankan maupun yang belum oleh Pemdaprov Jabar.

"Ini penting buat Sekda baru, beberapa perda baik yang sudah 'on' secara regulasi ataupun yang belum. Ada Perda yang belum bisa diimplementasikan karena belum ada Pergub (peraturan gubernur)-nya. Tapi harus disesuaikan pula dengan aturan yang lebih tinggi di pusat, seperti omnibus law atau sektor pengembangan atau pembangunan perekonomian," kata Rahmat.

Jabatan Sekda Pemprov Jabar sebelumnya diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) selama delapan bulan. Setiawan Wangsaatmaja kini telah dilantik oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai Sekda definitif.

Terkait hal ini Ridwan Kamil mengatakan, penetapan Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jabar didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 31/TPA tahun 2020 tanggal 30 Januari 2020 tentang pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kisah Himendra Wargahadibrata, Bawa Persib Bandung Juara Hingga Jadi Profesor & Rektor Unpad

Surat Keputusan Presiden tentang pengangkatan sekda terpilih, diterima oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada 11 Februari 2020, sesuai surat pengantar dari Menteri Dalam Negeri tertanggal 10 Februari 2020.

Setiawan sebelumnya pernah berkarier di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).

Kemudian pada April 2013 diangkat sebagai Deputi Bidang SDM Apararatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Setiawan akhirnya terpilih sebagai Sekda Jabar setelah melalui proses open bidding, mengalahkan dua kandidat lainnya, yaitu Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jawa Barat).

Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved