Jangan Salah Kaprah! Digigit Ular Tak Sembuh Jika Diikat atau Diisap, Ini Penanganan yang Tepat

Gigitan ular berbisa, seperti ular weling dan ular king kobra bisa merenggut nyawa manusia. Namun, banyak paham yang salah dalam mengatasi

Jangan Salah Kaprah! Digigit Ular Tak Sembuh Jika Diikat atau Diisap, Ini Penanganan yang Tepat
Pixabay/Wikimedia Commons via Kompas.com
ciri-ciri ular berbisa termasuk ular kobra dan weling 

TRIBUNJABAR.ID - Gigitan ular berbisa, seperti ular weling dan ular king kobra bisa merenggut nyawa manusia. Namun, banyak paham yang salah dalam mengatasi atau menangani gigitan ular berbisa.

Jika Anda pernah mendengar pertolongan pertama untuk korban gigitan ular berbisa itu harus diikat atau dihisap atau disedot, itu salah besar!

Pakar Gigitan Ular dan Toksikologi, DR. dr. Tri Maharani pernah menjelaskan kesalahan yang kerap dilakukan yaitu memberikan ikatan kencang, mengisap darah di area yang tergigit ular, hingga menggunakan garam.

Padahal cara tersebut itu bukan cara yang benar. Menurutnya, ada cara yang benar dalam pertolongan pertama untuk mengatasi gigitan ular berbisa, yaitu melakukan imobilisasi.

Imobilisasi adalah area tubuh yang terkena gigitan ular tidak boleh digerakkan.

Jika banyak bergerak, maka akan akan membuat bisa ular menyebar.

 Kronologi Ular Weling Tewaskan Bocah, Kini di Cirebon, Kenali Mematikannya Gigitan Ular Berbisa Itu

“Prinsipnya imobilisasi. Pergerakan otot akan membuat kelenjar getah bening menyebarkan bisa ularnya, maka kita harus membuat dia (korban) tidak bergerak,” katanya seperti yang dimuat dalam berita Kompas.com

Seorang pecinta reptil, Panji Petualang juga pernah menjelaskan metode imobilisasi ini ketika menjadi bintang tamu dalam acara Call me Mel yang tayang pada 16 Desember 2019.

Menurutnya, metode imobilisasi ini memang dianjurkan langsung oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

"Metode sebenarnya secara medis yang dianjurkan adalah imobilisasi itu emang WHO yang ngasih sarannya," kata Panji Petualang.

Halaman
1234
Editor: Widia Lestari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved