Laboratorium Sandia SHBC, Laboratorium Lengkap dan Modern Dukung Pelayanan Rumah Sakit

Laboratorium Sandia mempunyai beberapa sub unit meliputi lab PA, lab Mikro, lab PK, lab Biomolekular, dan bank darah.

Laboratorium Sandia SHBC, Laboratorium Lengkap dan Modern Dukung Pelayanan Rumah Sakit
Istimewa
Laboratorium Sandia SHBC 

KEBERADAAN laborotorium klinik menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rumah sakit. Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan tugas laboratorium klinik adalah melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan seseorang, terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.

Selain itu fungsi laboratorium klinik sebagai pelaksana dalam melakukan pelayanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, imunologi klinik atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.

Santosa Hospital Bandung Central merupakan rumah sakit yang juga ditunjang dengan keberadaan Laboratorium Sandia.

Kepala Laboratorium Sandia Santosa Hospital Bandung Central, Hadi Notosoejanto SpPK mengatakan, Laboratorium Sandia selain melayani pasien Rumah Sakit, juga melayani pasien dari luar yang ingin melakukan pemeriksaan laboratorium yang sifatnya rujukan.

ct person2
ct person2 (istimewa)

Untuk pelayanan dari laboratorium yang berada di lantai 1 Santosa Hospital Bandung Center ini, jenis pemeriksaan laboratoriumnya antara lain hematologi, kimia klinik, sero - imunologi, elektroforesis, agregasi trombosit, thrombelastography, analisa gas darah, urinalisis, analisa faeces, dan cairan tubuh lainnya.

Laboratorium Sandia mempunyai beberapa sub unit meliputi lab PA, lab Mikro, lab PK, lab Biomolekular, dan bank darah.

"Fungsi lain dari Laboratorium Sandia Santosa Hospital Bandung Central adalah sebagai bank darah, dan khusus bank darah ini beroperasi 24 Jam, untuk kebutuhan pasien rawat inap Santosa, seperti pasien dari thalesemia center dan kadang-kadang pasien tertentu," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan bank darah di Laboratorium Sandia Santosa Hospital Bandung Central untuk memudahkan pasien yang membutuhkan transfusi darah secara cepat atau tidak perlu ke Palang Merah Indonesia selama golongan darah yang dibutuhkan pasien tersedia.

"Selama ini kebutuhan darah masih terpenuhi, tentunya kami juga bekerjasama dengan PMI untuk pengadaan darahnya," katanya.

Khusus untuk pasien atau pemeriksaan, laboratorium ini akan melayani pada saat jam kerja. Namun bila membutuhkan hasil segera mungkin, laboratorium ini akan melayani sesuai kebutuhan tertentu.

Pemeriksaan yang terkait penyakit seperti kanker darah juga sudah bisa dilakukan di Laboratorium Sandia Santosa Hospital Bandung Central.

Didukung dengan sarana prasarana atau peralatang lengkap dan modern, Laboratorium Sandia Santosa Hospital Bandung Central juga ditangani oleh SDM yang profesional dibidangnya. Karena itu, laboratorium ini selalu siap memberikan pelayanan pemeriksaan kepada pasien yang membutuhkan. (siti fatimah)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved