Kota Bandung jadi Percontohan Global Kota Masa Depan, Program dari Pemerintah Inggris

Kota Bandung menjadi pelaksana percontohan program global kota masa depan yang berfokus pada pengembangan

Kota Bandung jadi Percontohan Global Kota Masa Depan, Program dari Pemerintah Inggris
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kota Bandung menjadi pelaksana percontohan program global kota masa depan yang berfokus pada pengembangan manajemen dan sistem transportasi masal yang terintegrasi.

Program dari Pemerintah Inggris melalui Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia itu, nantinya akan meningkatkan sistem transportasi massal untuk mengurangi kemacetan yang ada di Kota Bandung.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins mengatakan, permasalahan transportasi massal terjadi hampir disetiap kota besar di dunia.

Global kota masa depan, ujar Jenkins, akan difokuskan untuk mengintegrasikan sistem transportasi massal di Kota Bandung. Sebab, transportasi massal merupakan solusi dari kemacetan yang menjadi masalah utama di Kota Bandung.

Menurut Jenkins, sistem yang diperbaiki bukan hanya dari moda transportasinya saja, tapi juga bagaimana mengembangkan sistemnya. Sehingga, akan ada integrasi untuk memperbaiki masalah tata kota lain seperti kualitas udara, efisiensi waktu dan mobilitas.

Penemuan Ribuan Batu Aneh di Buahdua Sumedang Bikin Geger Warga, Berdempetan Tumpang Tindih

"Jadi penting untuk bisa membuat ini lebih baik dan saya pikir kota lain di Indonesia akan melihat hal itu dari Bandung dan jika Bandung memiliki moda transport yang benar, dengan perencanaan yang benar, index kualitas udara yang benar, maka ini bisa jadi model untuk di mana pun," ujar Jenkins, saat ditemui di Bandung Plaing, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (11/2/2020).

Dikatakan Jenkins, di Inggris ada tiga kota yang pernah mengalami kemacetan serupa dengan Bandung yakni Manchester, London dan Birmingham. Pemerintah Inggris pun, ujar Jenkins, bisa membagi ilmu dan pengalaman dalam mengatasi masalah tersebut.

"Saya rasa masyarakat di kota tersebut sudah melewati tantangan itu. Saya ingin membagi pengalaman itu dengan Bandung," katanya.

Pemdes Gunungwangi Kenalkan Makam Bupati Majalengka Pertama

Selain di Bandung, Jenkins turut menggadeng Kota Surabaya dengan program serupa. Sehingga ke depan, Bandung dan Surabaya bisa menjadi percontohan untuk kota lainnya di Indonesia.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menambahkan program yang diajukan oleh pemerintah Inggris sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Bandung, yang membutuhkan transportasi massal yang terintegrasi.

"Jadi masyarakat itu ingin beralih ke transportasi masal dan salah satunya soal kepastian waktu. Dengan sistem yang dikembangkan oleh Pemerintah Inggris jadi transportasi masal kedepan itu, ada LRT, bus, angkutan umum dan lainnya terintergrasi, sehingga masyarakat semakin mudah memilih transportasi masal yang mau digunakan," ujar Yana.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved