Waspada, Bencana Longsor Masih Intai Jawa Barat, Ini Sejumlah Daerah Rawan Longsor

Potensi bencana di Jawa Barat cenderung meningkat setiap tahunnya. Pada 2019, tercatat ada 200 hingga 300 bencana longsor

Waspada, Bencana Longsor Masih Intai Jawa Barat, Ini Sejumlah Daerah Rawan Longsor
Tribun Jabar/Firman Suryaman
Rumah Darliana (45) hanya tinggal setengah menyusul longsor di belakang rumahnya, Selasa (7/1/2020) menjelang magrib. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Potensi bencana di Jawa Barat cenderung meningkat setiap tahunnya. Pada 2019, tercatat ada 200 hingga 300 bencana longsor di Jawa Barat.

Berdasarkan hasil mitigasi yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Gelologi, mencatat Jawa Barat memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi, salah satunya longsor.

Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG, Agus Budianto mengatakan, potensi bencana longsor di Jawa Barat cenderung meningkat setiap tahunnya. Pada 2019 saja, kata Agus, terjadi 200 hingga 300 bencana longsor di Jawa Barat.

"Kalau bicara jumlah kejadian berfluktuasi, relatif sama. Kalau ada peningkatan tidak drastis. Hanya lokasinya berpindah, jumlah relatif tetap. Lokasinya (rawan longsor) relatif mengalami penambahan," ujar Agus saat dihubungi, Senin (10/2/2020).

Daftar Lengkap Harga HP atau Smartphone Xiaomi Terbaru Februari 2020, Ada yang Cuma Rp 900 Ribuan

Dari data PVMBG, kata Agus, pada Desember hingga Februari tahun ini, menjadi masa paling rawan terjadinya bencana longsor. Hal itu, karena pengaruh curah hujan yang tinggi.

Sebaran peta potensi bencana longsor pun hampir merata di Jawa Barat, mulai dari Bogor dan hampir semua wilayah di Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Sumedang.

"Garut juga di sepanjang jalur yang ke arah pantai selatan, hampir meliputi semua wilayah tengah ke selatan," katanya.

Pesan Terakhir Karen Pooroe untuk Anaknya yang Meninggal, Hatinya Hancur: Tidur Enak Anakku

Dampak dari bencana longsor itu, ujar Agus, lebih dari 200 nyawa bisa melayang. Bahkan, Jawa Barat tercatat menjadi salah satu daerah penyumbang korban longsor terbanyak di Indonesia.

"Dominan itu sumbernya dari Jawa Barat, jadi kalau lihat catatan, kami ambil global tertinggi di Jabar dan Jateng dan Jawa timur, dari jumlah penduduknya tinggi dan pemanfaatan lahannya juga tinggi," ucapnya.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved