PERANG Lawan Korupsi, Disdik Purwakarta Gandeng KPK Latih Guru Terapkan Karakter Jujur pada Siswa

Kadisdik Purwakarta, Purwanto katakan perlu adanya pendidikan anti korupsi di sekolah sebagai bentuk pencegahan atau memutus generasi penerus korupsi

PERANG Lawan Korupsi, Disdik Purwakarta Gandeng KPK Latih Guru Terapkan Karakter Jujur pada Siswa
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Kadisdik Purwakarta, Purwanto dan Satgas KPK, Dian Rahmawati 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Masalah korupsi di Indonesia sudah begitu kompleks saat ini. Bahkan, masalah ini sudah tak hanya berada di level atau tingkatan atas melainkan di tingkat bawah pun kasus korupsi sering ditemui.

Masalah korupsi ini pun yang kemudian membuat Dinas Pendidikan Purwakarta mencoba untuk menanamkan sikap jujur ke dunia pendidikan khususnya dengan menggandeng langsung komisi antirasuah yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto mengatakan perlu adanya pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah di Purwakarta sebagai bentuk pencegahan atau memutus generasi penerus korupsi.

Detik-detik Longsor di Bojong Timur Purwakarta, Awalnya Terdengar Suara Pohon Tumbang

"Generasi ke depan itu perlu karakter yang baik jadi mulai sekarang perlu adanya penanaman kejujuran di tingkat sekolah," ujarnya di Aula Rapim Bale Guru Linuhung, Sabtu (8/2/2020).

Menurutnya, Purwakarta telah memiliki regulasi berupa Perbup terkait korupsi. Pihaknya pun menggandeng KPK untuk memberikan pelatihan pada semua guru di Purwakarta, melalui pendekatan kelas, budaya sekolah hingga lingkungan masyarakat.

Dalam acara ini dihadiri oleh para pejabat Disdik dan tim perumus modul implementasi pendidikan anti korupsi berbasis "7 Poe Atikan Purwakarta Istimewa". Sedangkan dari pihak KPK diwakili oleh Dian Rahmawati selaku perwakilan dari Satgas.

"Saya sih optimis kami bisa tanamkan sikap kejujuran anti korupsi jika semua pihaknya komitmena dan memiliki cita-cita yang sama perangi korupsi. Sehingga tumbuh anak-anak yang memiliki karakter baik sekaligus contoh di lingkungannya," ujarnya.

Wilayah Bojong Purwakarta Masuk Zona Merah, Kades Bojong Timur Sebut Sudah Antisipasi

Kesempatan sama, Satgas KPK, Dian Rahmawati mengapresiasi langkah Disdik Purwakarta yang responsif menerapkan pendidijan anti korupsi ini. Menurut Dian, sejak terbit regulasi enam bulan lalu, Disdik Purwakarta ini menurutnya sudah langsung menerapkan hal itu.

"Sudah ada contohnya pembentukan tim pengembang, pembuatan modul, pelaksanaan TOT dan pelatihan ke semua guru," katanya.

Dian juga memuji Disdik Purwakarta yang dianggapnya hebat karena telah melakukan akselerasi hingga puncaknya bakal ada festival terkait film pendidikan anti korupsi di tingkat sekolah dasar dan menengah pertama.

"Itu jadi terobosan besar. Saya harap wilayah kabupaten lain jangan mau kalah sama Kabupaten Purwakarta," katanya. (*)

BOBOTOH MAKIN GEREGETAN, Kontrak Baru Pemain Persib Belum Juga Muncul, Apa Kata Bobotoh: Awas Basi !

Apa Kata Bobotoh, Geoffrey Castillion - Ezechiel - Wander Luiz
Apa Kata Bobotoh, Geoffrey Castillion - Ezechiel - Wander Luiz (Kolase Tribun Jabar)
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved