Lima Desa di Ciamis Sepi Peminat dalam Pilkades 2020, Cuma Ada Satu Calon yang Daftar

Lima desa di Ciamis sepi peminat dalam Pilkades 2020. Cuma ada satu calon yang mendaftar.

Lima Desa di Ciamis Sepi Peminat dalam Pilkades 2020, Cuma Ada Satu Calon yang Daftar
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Ilustrasi Pilkades. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Dari 143 desa peserta Pilkades Serentak 2020 di Ciamis, ada lima desa yang jumlah bakal calon yang mendaftar hanya satu orang.

Yakni Desa Rancah, Kecamatan Rancah; Desa Jagabaya, Desa Mekarbuana, dan Desa Gardujaya, Kecamatan Panawangan; serta Desa Girimukti, Kecamatan Cisaga.

Untuk lima desa yang jumlah pendaftarnya kurang dari dua orang ini diberi perpanjangan waktu pendaftaran calon 2 x 3 hari kerja sampai Rabu (5/2/2020).

“Perpanjang waktu pendaftaran calon sampai Rabu. Bila sudah diperpanjang sampai 2 x 3 hari kerja jumlah calon yang mendaftar tetap kurang dari dua orang, desa tersebut batal mengikuti Pilkades Serentak tahun 2020 ini,” ujar Sekdis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Ciamis, Drs Dian Budiana MSi didampingi Kabid Pemdes DPMPD Ciamis, Risa Sugara SSTP MSi, kepada Tribun Jabar, Senin (3/2/2020).

Risa mengatakan, desa yang peminat jadi kadesnya melimpah ada 16.

Terbanyak adalah Desa Cibadak, Banjarsari sebanyak 10 orang calon yang sudah yang sudah mendaftar.

Menyusul Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih (8 orang calon yang mendaftar).

Desa Gunung Cupu (Kecamatan Sindangkasih), Desa Tanjungsari (Kecamatan Banjaranyar), Desa Janggala (Cidolog), dan Desa Cimaragas (Cimaragas) masing-masing 7 orang calon yang mendaftar.

Untuk 16 desa yang jumlah calon kadesnya di atas lima orang ini, kata Risa, akan dilakukan tes oleh Perguruan Tinggi setelah dilakukan verifikasi persyaratan calon.

Sampai batas akhir pendaftaran calon kades di 143 desa peserta Pilkades Serentak 2020 Selasa (28/1/2020), setidaknya ada 495 calon yang sudah mendaftarkan diri.

“Itu belum termasuk yang sudah mendaftarkan diri di 5 desa di Kecamatan Lakbok. Dari Lakbok belum masuk laporannya,” katanya.

Pilkades Serentak 2020 di Ciamis, tak hanya diramaikan oleh calon inkumben.

Namun ada juga pensiunan camat yang sudah mendaftarkan diri. Di Desa Kawali, Kecamatan Kawali dari 4 calon yang mendaftar jadi kades seorang di antaranya adalah pensiunan camat.

Jalan Nasional Ciamis-Banjar Sempat Lumpuh, Dua Pohon Tumbang Melintang di Jalan

Didesak Bupati Segera Tuntaskan Perda Soal Pilkades, Wakil DPRD Purwakarta Bilang Begini

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved