Breaking News:

Bisnis Lobster Air Tawar

Budi Daya Lobster Air Tawar tak Perlu Lahan Luas, di Rumah Juga Bisa

TERNYATA mengembakbiakan lobster air tawar tidak harus memiliki lahan yang luas. Budi daya lobster di halaman rumah pun ternyata bisa. Syaratnya ada l

Tribun Jabar/Januar P Hamel
Komarudin, Pebisnis Lobster Air Tawar 

TERNYATA mengembakbiakan lobster air tawar tidak harus memiliki lahan yang luas. Budi daya lobster di halaman rumah pun ternyata bisa. Syaratnya ada lahan untuk kolam kecil atau tempat menyimpan akuarium.

Pembudi daya lobster air tawar Komarudin menangkarkan lobsternya di belakang rumah. Dia membuat kolam dari fiberglass berwarna biru. Ada tiga kolam yang masing-masing untuk lobster bertelur, lobster sedang bertumbuh, dan lobster yang sudah besar.

Pembudi daya lobster lainnya, Yayat juga memiliki akuarium yang diisi lobster-lobster air tawar di halaman rumahnya. Menurutnya, lobster yang ada di akuriam di halamannya siap dipanen.

Pembudi daya lobster lainnya, R Devi Risandi SH pun hanya mengandalkan akurium untuk menangkar lobsternya. Dia tempatkan beberapa akurium di halaman belakang dan garasi di rumahnya.

Dia sangat yakin budi daya lobster yang digelutinya bisa berhasil. Dia pun memutuskan untuk penuh mengeluti bisnis ini.

Warga Pasirpogor ini mengaku modal awal yang digunakan untuk indukan dan bibit lobster sekitar 5 jutaan. Adapun total untuk perlengkapan sekitar 15 juta. Uang tersebut untuk membeli akuarium, kolam terpal, dan membuat kolam tanah.

"Alhamdulillah, lobster sudah bertambah banyak karena hasil dari perkawinan, bertelur, dan berkembang dengan baik. Kalau permintaan skala kecil saya bisa jual, kalau skala besar belum bisa," katanya.

Menurut Komarudin kalau mau memulai membudidayakan lobster tergantung skala. Mau skala besar atau biasa dulu.

Komarudin, Penangkar Lobster
Komarudin, Penangkar Lobster (Tribun Jabar/Januar P Hamel)

"Kalau biasa kan hanya butuh akurium. Indukan 10 ekor. Di bawah satu juta sudah cukup. Akuarium 1 meter kali 30 cm cukup. Lobster itu tidak perlu tinggi tapi perlunya luas," katanya.

Halaman
12
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved