4 WNI Tolak Pulang dari Wuhan Cina, 3 Orang Tak Lolos Screening

Tim Pemulangan Pemerintah Indonesia akhirnya berhasil mengevakuasi total 238 WNI dari Wuhan, Cina, termasuk 5 tim advance dari KBRI Beijing.

4 WNI Tolak Pulang dari Wuhan Cina, 3 Orang Tak Lolos Screening
KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Tim Pemulangan Pemerintah Indonesia akhirnya berhasil mengevakuasi total 238 WNI dari Wuhan, Cina, termasuk 5 tim advance dari KBRI Beijing.

Mereka diangkut dengan pesawat Airbus A330-300 milik maskapai Batik Air, diterbangkan langsung dari Wuhan menuju Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020).

Seharusnya total ada 245 orang masuk ke data untuk dipulangkan ke Tanah Air.

”Pada proses menjelang kepulangan, terdapat empat WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Tiongkok dan tiga WNI tidak dapat memenuhi persyaratan kesehatan untuk terbang,” demikian dikutip dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, kemarin.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan, empat WNI menolak dipulangkan lantaran sudah merasa nyaman tinggal di Cina.

"Jadi 238 menurut data. Nanti saya akan cek ulang karena mestinya yang hadir di sini 245. Empat orang menyatakan tidak mau berangkat karena lebih nyaman di sana,” kata Terawan di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Minggu (2/2/2020).

”Mereka lebih kerasan meskipun kami sudah tawari semua. Mereka sudah membuat surat pernyataan."

Wabah Virus Corona Belum Usai, China Diserang Wabah Flu Burung, 17.828 Unggas Dimusnahkan

Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Tatapan Mata? Begini Penjelasan Kemenkes

Terawan mengatakan, menyusul merebaknya viru corona, pemerintah Cina memberlakukan pemeriksaan kesehatan berlapis sebelum mengizinkan warga negara asing di sana dievakuasi keluar dari Cina.

"Itu membuat kita merasa nyaman bahwa yang berangkat ini sudah dinyatakan pemerintah Cina bahwa itu orang-orang sehat," kata Terawan.

Dari Bandara Hang Nadim Batam, 238 WNI itu kemudian langsung diterbangkan ke Pulau Natuna dengan menumpang dua pesawat Boeing 737-400 dan satu pesawat Hercules C130 milik TNI AU.'

Halaman
1234
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved