Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Tatapan Mata? Begini Penjelasan Kemenkes

Kemenkes meluruskan informasi yang beredar di masyarakat yang menyatakan virus corona dapat menular lewat tatapan mata.

Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Tatapan Mata? Begini Penjelasan Kemenkes
AFP/BACH DUONG
Pekerja medis memasuki area isolasi untuk mengunjungi dua pasien yang diduga terinfeksi virus baru corona, di Rumah Sakit Cho Ray di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, Kamis (23/1/2020). Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China. 

TRIBUNJABAR.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluruskan informasi yang beredar di masyarakat yang menyatakan virus corona dapat menular lewat tatapan mata.

Meski begitu, Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging Kemenkes Endang Budi Hastuti, mengatakan virus corona masih bisa menular apabila seseorang yang terkontaminasi mengucek mata dan menyentuh orang lain.

Baca: 9 Pasien yang Masuk Pengawasan Kemenkes Dinyatakan Negatif Virus Corona

Baca: Menlu Retno Marsudi Beri Instruksi untuk Evakuasi WNI di Hubei Cina Kurang dari 24 Jam

Baca: 100 RS Rujukan Flu Burung Diminta Siapkan Kembali Ruang Isolasinya untuk Antisipasi Virus Corona

“Jadi bukan seperti itu. Tapi memang kalau kucek-kucek mata, kemudian tangannya kotor terkontaminasi, bisa menular ke orang lain. Jadi bukan tatapannya, " kata Endang, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (31/1/2020).

Endang mengatakan, penularan virus corona dapat melalui percikan batuk dan bersin dari seseorang yang terpapar virus corona.

“Kemudian karena ini penyakitnya di saluran pernapasan, maka penularannya bisa melalui percikan pada saat batuk atau pada saat bersin. Tapi sampai saat ini belum diketahui dengan pasti sebetulnya penularannya seperti apa. Untuk vaksin dan pengobatan juga belum ada saat ini,” kata Endang.

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved