Penyelidikan Sunda Empire, Polisi Periksa 4 Orang, Termasuk yang Mengaku Perdana Menteri

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, mengatakan bahwa selain salah satu petingginya, pihaknya juga meminta keterangan kepada

Penyelidikan Sunda Empire, Polisi Periksa 4 Orang, Termasuk yang Mengaku Perdana Menteri
Istimewa
Sunda Empire ternyata kerap berkegiatan di beberapa lokasi di Bandung. Hal tersebut terlihat dalam channel YouTube yang mengatasnamakan Sunda Empire. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Polda Jawa Barat mengaku sudah melakukan pemeriksaan terhadap seorang petinggi kelompok Sunda Empire - Earth Empire yang membuat pernyataan melalui video yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, mengatakan bahwa selain salah satu petingginya, pihaknya juga meminta keterangan kepada satu anggota Sunda Empire serta staf Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

"Ya, sudah diambil keterangan ada empat orang. Inisial NB atau perdana menterinya dan anggotanya berinisial A serta ada dari staf UPI dan Budayawan," ujar, Saptono Erlangga Waskitoroso di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (21/2/2020).

WAWANCARA KHUSUS Soal Sunda Empire dan Kerajaan Lain, Paguyuban Pasundan: Mimpi di Siang Bolong

NB yang menjabat sebagai pimpinan kelompok itu merujuk pada Nasri Banks yang mengaku sebagai menteri dari Sunda Empire. Sementara A belum diketahui posisinya.

Erlangga mengatakan, pemeriksaan dilakukan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar kemarin, Senin (20/1/2020).

Pemeriksaan ini, ujar Erlangga, berkaitan kejadian viral di media sosial beberapa waktu lalu.

"Ya, ini menanggapi yang viral saja," katanya.

Erlangga menyatakan pihaknya masih terus menyelidiki Sunda Empire ini.

Pendalaman dilakukan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik. Selain itu, pihaknya juga akan meminta keterangan dari budayawan dan sejarawan.

Petinggi Sunda Empire Sebut Ridwan Kamil Memalukan Karena Tidak Paham Sunda Empire

"Kita masih terus berproses dalam hal ini penyidik masih mendalami keterangannya. Prosesnya kan yang ahli sejarah juga nanti kami mintai keterangan, inikan yang disampaikan divideo itu perlu kami cek, kalau diikuti bisa gila sendiri," kata Erlangga.

Sunda Empire ini muncul di media sosial (medsos) usai ramai kemunculan Keraton Agung Sejagat.

Tersebar pula foto-foto anggota Sunda Empire dari screenshot pemilik akun Facebook Renny Khairani Miller yang diduga anggota Sunda Empire.

Sunda Empire ini awalnya diduga berafiliasi dengan Keraton Agung Sejagat, namun belakang hal itu dibantah.

Pihak Sunda Empire menyatakan bahwa Sunda Empire tidak ada hubunganya dengan Keraton Agung Sejagat yang didirikan oleh Toto Santoso.

Munculnya Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire, Sekjen FSKN Mengaku Sedih, Prihatin dan Kecewa

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved