Heboh Sunda Empire

Dalami Kasus Sunda Empire, Polisi Libatkan Budayawan dan Sejarawan

Polisi sudah memeriksa petinggi Sunda Empire-Earth Empire. Petinggi Sunda Empire diperiksa berkaitan video yang viral di media sosial (medsos).

Dalami Kasus Sunda Empire, Polisi Libatkan Budayawan dan Sejarawan
Tangkap layar channel YouTube KompasTV
Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Polisi terus melakukan pendalaman terhadap kelompok Sunda Empire - Earth Empire yang mencuat setelah Kerajaan Keraton Agung Sejagat "runtuh".

Berbeda dengan Keraton Agung Sejagat, untuk kasus Sunda Empire ini polisi belum mendapat aduan dari masyarakat, sehingga polisi membuat laporan model A.

Laporan model A adalah laporan polisi yang dibuat oleh anggota polisi yang mengalami, mengetahui, atau menemukan langsung sebuah peristiwa.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, untuk mendalami kelompok ini pihaknya akan melibatkan ahli budaya dan ahli sejarah.

"Budayawan dilibatkan. Nanti prosesnya kan yang ahli sejarah kita mintai keterangan terkait yang disampaikan di video, itu perlu kita cek," ujar Saptono Erlangga Waskitoroso ketika ditemui di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (21/1/2020).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga memberi keterangan kepada wartawan di sekitar makam Lina, Jalan Sekelimus I, Kota Bandung, Kamis (9/1/2020)
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga memberi keterangan kepada wartawan di sekitar makam Lina, Jalan Sekelimus I, Kota Bandung, Kamis (9/1/2020) (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

Penyelidikan Sunda Empire, Polisi Periksa 4 Orang, Termasuk yang Mengaku Perdana Menteri

WAWANCARA KHUSUS Soal Sunda Empire dan Kerajaan Lain, Paguyuban Pasundan: Mimpi di Siang Bolong

Sebelumnya, ujar Erlangga, pihak kepolisian pun sudah memeriksa petinggi Sunda Empire-Earth Empire. Petinggi Sunda Empire diperiksa berkaitan video yang viral di media sosial (medsos).

"Ya, sudah diambil keterangan ada empat orang. Inisial NB atau perdana menterinya dan anggotanya berinisial A serta ada dari staf UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)," katanya.

Inisial NB yang menjabat sebagai pimpinan kelompok itu merujuk pada Nasri Banks. Sementara A belum diketahui posisinya.

Sunda Empire ini muncul di media sosial (medsos) setelah ramai soal Keraton Agung Sejagat.

Tersebar pula foto-foto anggota Sunda Empire dari screenshot pemilik akun Facebook Renny Khairani Miller yang diduga anggota Sunda Empire.

Sunda Empire ini awalnya diduga berafiliasi dengan Keraton Agung Sejagat namun dibantah pihak Sunda Empire.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved