Breaking News:

Tingkatkan Peran Pengusaha Muda Untuk Membangun Jabar, HIPMI Kolaborasikan Antarsektor

Kolaborasi antar sektor bisnis, inovasi, dan komitmen menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan peran pengusaha muda dalam membangun Jawa Barat.

Editor: Dedy Herdiana
Istimewa
Calon Ketua Umum HIPMI Jabar, Rayhan Nuradithia menyerahkan cenderamata kepada mantan Ketua Umum HIPMI Jabar, Egi Hamzah usai acara Diskusi Bisnis di Hotel Courtyard, Kota Bandung, Rabu (8/1/2020) malam. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Kolaborasi antar sektor bisnis, inovasi, dan komitmen menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan peran pengusaha muda dalam membangun Jawa Barat.

Hal ini mengemuka dalam Diskusi Bisnis bertema ‘Peluang dan Tantangan serta Peran Pengusaha Muda dalam Membangun Potensi Daerah di Jawa Barat’ yang di gelar di Hotel Courtyard by Marriot, Rabu (8/1/2020) malam.

Diskusi bisnis ini dihadiri oleh para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat. Dalam diskusi ini hadir pula beberapa tokoh pengusaha Jabar yang juga mantan Ketua Umum HIPMI Jabar, diantaranya Agung Suryamal, Eggy Hamzah, Yedi Karyadi, Dede Sumitro, Wawan Nurdin dan Barkah Hidayat.

Menguatkan Bisnis di Era Industri 4.0, Fintech Kerja Sama dengan HIPMI Kota Bandung

Selain itu, hadir pula Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Jabar, Jodi Jaditra, dan belasan Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kabupaten/Kota atau perwakilan, yaitu Purwakarta, Depok, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Sumedang, Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Ciamis, Banjar, Kota Tasik, Kabupaten Tasik dan Indramayu.

‘’Saya sudah keliling ke 20 BPC Hipmi kabupaten/kota, kebanyakan persoalan yang saya tangkap itu masalah pembiayaan, akses pemasaran hingga pendampingan,’ ’jelas Mantan Ketua Umum BPC HIPMI Purwakarta yang juga Calon Ketua Umum BPD HIPMI Jabar periode 2020-2023, Rayhan Nuraditya.

Oleh karena itu, kata Rayhan, kolaborasi antara pengusaha muda dan kemudahan akses perbankan menjadi salah satu upaya yang harus terjalin.

‘’Alhamdulillah, dengan akses perbankan yang saya miliki, beberapa pengusaha di daerah sudah mulai berkolaborasi dengan perbankan,”jelas pengusaha di bidang properti ini.

Puluhan Ribu Jemaah Haji Asal Jawa Barat Siap Diberangkatkan dari BIJB Kertajati

Tak hanya itu, Rayhan juga melihat banyak program Pemprov Jabar yang bisa dikolaborasikan dengan para pengusaha yang ada di HIPMI Jabar. Salah satunya, kata dia, dengan mengembangkan program Rumah Juara.

Menurutnya, 2020 ini ada alokasi 10.000 rumah bersubsidi untuk wilayah Jabar.

‘’Kita bisa kolaborasikan program ini dengan Pemprov Jabar untuk dialokasikan untuk para PNS dan pegawai di Pemprov Jabar. Sedangkan pembangunan Rumah Juara ini bisa dilakukan oleh para pengusaha di HIPMI Jabar,’’tambah Rayhan.

Selain itu, inovasi dalam pengembangan pariwisata di wilayah Jabar menjadi peluang untuk para pengusaha muda. Apalagi, kata dia, kemajuan pariwisata ini akan berpengaruh juga terhadap pengembangan UMKM di Jabar.

‘’Intinya kolaborasi dengan spirit growth together (tumbuh bersama), akan menjadikan bisnis para pengusaha muda HIPMI yang ada di daerah bisa maju dan memberi manfaat kepada masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Jabar,’’tambah Rayhan.

Sementara itu, Mantan Ketua DPD HIPMI Jabar, Egi Hamzah sepakat bahwa penyelesaian persoalan pembiayaan ini harus bisa menjadi peran HIPMI Jabar ke depan.

‘’Caranya seperti yang sudah dilakukan Rayhan, yaitu mengkolaborasikan pengusaha-pengusaha muda ini dengan perbankan. HIPMI Jabar bisa berperan menjadi verifikator atau yang melakukan fit and proper dan mendampingi para pengusaha supaya bankcable,’’jelas dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved