Pemilik Kapal di Indramayu Sebut Pemerintah Ingin Nelayan Mainkan Peran Ganda di Natuna

jika mengerahkan kapal nelayan ke perairan Natuna sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat, pihaknya siap mengikuti instruksi tersebut.

Pemilik Kapal di Indramayu Sebut Pemerintah Ingin Nelayan Mainkan Peran Ganda di Natuna
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Aktivitas nelayan di Pelabuhan Karangsong Kabupaten Indramayu, Selasa (7/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID , INDRAMAYU - Para pemilik kapal di Kabupaten Indramayu siap mengerahkan kapal-kapal besar untuk mencari ikan di perairan Natuna atau Laut China Selatan.

Hal tersebut disampaikan salah seorang pemilik kapal asal Kabupaten Indramayu, Maman Suparman Yahya (60) kepada  Tribuncirebon.com saat ditemui di pelabuhan Karangsong Kabupaten Indramayu, Selasa (7/1/2020).

Maman Suparman Yahya mengatakan, jika mengerahkan kapal nelayan ke perairan Natuna sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat, pihaknya siap mengikuti instruksi tersebut.

"Bagaimana pun juga nelayan asal Pantura Jawa ke Natuna sana atas dasar kebijakan pemerintah untuk menjaga kedaulatan laut kita yang terancam oleh nelayan-nelayan dari negara China," ujar dia.

Menurut Maman Suparman Yahya, mengerahkan kapal besar asal Kabupaten Indramayu sangat mungkin terjadi.

Soal OTT Terhadap Pejabat di Disdik, Begini Reaksi Ketua DPRD Kabupaten Bandung

Mengingat, kapal-kapal milik nelayan di Kabupaten Indramyu sedikitnya ada ratusan kapal yang memiliki ukuran 90 gross tonnage (GT) dan bisa memuat hingga 110 ton ikan hasil tangkapan.

Sebelumnya, instruksi memobilisasi ratusan kapal nelayan untuk beroperasi di perairan Natuna itu disampaikan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD.

Menurut Mahfud MD, pemerintah akan mengerahkan ratusan nelayan Panturan untuk 'mengusir' kapal-kapal ikan asal China dari Perairan  Natuna.

Atasi Banjir di Jakarta, Dedi Mulyadi Usul Penataan Ruang Jawa Barat, Jakarta dan Banten Disatukan

Dalam hal ini, Maman Suparman Yahya tidak menampik, dikerahkannya nelayan Pantura ke Laut Natuna tidak terlepas untuk dijadikan sebagai benteng dalam melindungi wilayah perairan ZEE Indonesia itu.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved