Main ke Lembang Jangan Buang Sampah Sembarangan, Bakal Kena Denda dan Sanksi Sosial

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan memberikan sanksi terhadap wisatawan yang membuang sampah

Main ke Lembang Jangan Buang Sampah Sembarangan, Bakal Kena Denda dan Sanksi Sosial
tribunjabar/ichsan
Alun alun Lembang Kabupaten Bandung Barat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan memberikan sanksi terhadap wisatawan yang membuang sampah sembarangan saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata yang ada di KBB.

Hal tersebut karena, pada momen liburan seperti tahun baru, volume sampah yang dihasilkan lebih banyak dari hari biasanya. Pasca perayaan tahun baru lalu, UPT Kebersihan mengangkut 8 ton sampah dari Alun-alun Lembang dan 4 ton dari Alun-alun Cililin.

Kepala UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB, Rudi Huntadi, mengatakan, untuk penerapan sanksi terhadap wisatawan tersebut diharapkan bisa segera terealisasi tahun ini.

"Mudah-mudahan aturan itu bisa segera terealisasi, saat ini kita masih menunggu payung hukumnya keluar," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (5/1/2020).

Viral, Harimau Benggala di Rumah Sepupu Raffi Ahmad, Diprotes Penyayang Binatang

Dalam penegakan aturan tersebut, nantinya Pemkab Bandung Barat akan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) KBB sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) untuk melakukan pemantuan.

"Karena kalau tidak seperti itu, tidak bisa memberikan kesadaran terhadap masyarakat maupun wistawan dalam menjaga kebersihan," kata Rudi.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, mengatakan, terkait hal itu pihaknya sudah membuat Perda tentang Penanggulangan Sampah dimana setiap orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan mendapatkan sanksi.

"Ke depan, ketika ada warga atau wisatawan yang membuang sampah sembarangan, maka akan dikenakan sanksi administrasi, denda hingga sanksi sosial," ujarnya beberapa waktu lalu.

Saking Banyaknya, Dalam 5 Hari Sampah Sisa Banjir Bandang di KBB Belum Selesai Diangkut

Ia mengatakan, pasca perayaan tahun baru 2020, sampah yang ada di Alun-alun Lembang memang kebanyakan sampah yang dihasilkan oleh wisatawan.

Untuk itu, pemberian sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan tersebut sebagai upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi semua masyarakat.

"Selain itu untuk mencegah terjadinya banjir dan sumber penyakit khususnya saat musim hujan," kata Aa Umbara.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved