Dulu Tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pilangsari Indramayu ini Jebol, Kini Penuh Warna-warni

Tanggul Sungai Cimanuk tepatnya di Blok Cilengkong, Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu

tribunjabar/handika rahman
Antusiasme anak-anak di Desa Pilangsari saat mewarnai tembok tanggul Sungai Cimanuk yang dahulu pernah jebol di Blok Cilengkong, Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Minggu (5/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Tanggul Sungai Cimanuk tepatnya di Blok Cilengkong, Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu ini dulunya bekas tragedi bencana banjir bandang yang menimpa desa setempat.

Tanggul itu jebol pada 16 Maret 2015 lalu dan menenggelamkan ribuan rumah dengan ketinggian air mencapai 2-3 meter. Namun, kini wajahnya berangsur menjadi indah dan penuh warna-warni.

Ketua Karangtaruna Mekarsari Desa Pilangsari, Sakam (34) mengatakan, inisiatif memberi warna pada tanggul Sungai Cimanuk ini mulai dilakukan pada Desember 2019 lalu.

Dalam hal ini, Karangtaruna dan Komunitas Lentera Selawe yang merupakan para pemuda-pemudi di Desa Pilangsari ingin mempercantik lingkungan desa setempat.

"Kegiatan melukis tanggul ini artinya, dari pada tanggul kita biarkan begitu saja, kita ingin memberi warna," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (5/1/2020).

Bayi Kembar Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda, Parasnya Cantik dan Ganteng, Ini Foto-foto Barunya

Selain itu, dirinya berpendapat, jika lingkungan menjadi cantik dan indah, maka akan menimbulkan kepedulian lebih dari masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Masyarakat akan merasa memiliki dan menjaga keasrian lingkungan, khususnya menjaga tanggul Sungai Cimanuk agar senantiasa terawat sehingga tragedi bencana beberapa tahun lalu itu tidak lagi terjadi.

Pantuan Tribuncirebon.com, dalam kegiatan mewarnai tanggul Sungai Cimanuk ini turut melibatkan puluhan anak-anak desa setempat.

Pemain Muda Persib Bandung Sudah Ditawari Klub Liga 1, Ingin Dapatkan Menit Bermain

Mereka bergotong-royong dan terlihat antusias memoles beragam warna seperti kuning, hijau, unggu, merah dan warna lainnya, warna-warni pada tanggul Sungai Cimanuk itu menimbulkan kesan eksotis.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved