Lewat Pesona Pohon Tabebuya, PT KAI Ingin Ubah Stasiun Jatibarang Indramayu Bak Negeri Sakura

Nuansa musim semi di Negeri Sakura Jepang coba diterapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di halaman Stasiun Jatibarang

Lewat Pesona Pohon Tabebuya, PT KAI Ingin Ubah Stasiun Jatibarang Indramayu Bak Negeri Sakura
tribunjabar/Handhika Rahman
Pohon-pohon Tabebuya yang ditanam Daop 3 Cirebon di Halaman Stasiun Jatibarang Indramayu, Jumat (27/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar,  Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Nuansa musim semi di Negeri Sakura Jepang coba diterapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di halaman Stasiun Jatibarang Indramayu.

PT KAI (Persero) ingin pesona Pohon Tabebuya dan Pohon Ketapang Kencana dikemudian hari bisa mempercantik tampilan depan dari Stasiun Jatibarang Indramayu.

Vice President Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi mengatakan, di sela-sela kesibukan kegiatan Posko Nataru ini, pihaknya berinisiatif menanam kedua pohon cantik itu di halaman stasiun.

"Daop 3 Cirebon melakukan penanaman 18 batang pohon Tabebuya dan Ketapang Kencana di halaman Stasiun Jatibarang, tujuannya untuk mempercantik tampilan depan stasiun," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (27/12/2019).

Tamsil Nurhamedi menyampaikan, pohon Tabebuya yang memiliki nama latin Chrysotricha ini adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil.

Empat Calon Kades di Cipanas Endus Praktik Politik Uang, Kompak Bareng Laporkan ke Penyelenggara

Namun, bentuk dan keindahannya persis seperti bunga sakura jika sudah mekar nanti.

Ia menilai, hadirnya pohon ini akan memoles wajah Indramayu bak berada di negeri sakura.

"Bunganya yang indah berguguran juga dapat bermanfaat sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman lain," ujar dia.

Selain ingin mempercantik tampilan Stasiun Jatibarang Indramayu, hadirnya pohon Tabebuya juga akan nambah keasrian dan menjadi tempat berteduh masyatakat.

Hal ini mengingat cuaca Kabupaten Indramayu yang identik dengan panas terik matahari karena terletak di pesisir Pantai Utara Jawa.

Ibu Ini Nyaris Diamuk Pedagang Pasar di Gowa Gara-gara Gunakan Uang Palsu

Tidak hanya itu, adanya Pohon Tabebuya sekaligus menjadi upaya Daop 3 Cirebon menarik minat masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi utama dalam berpergian.

Sementara itu, disampaikan Tamsil Nurhamedi, penanaman Pohon Tabebuya ini juga dilakukan pihaknya di halaman Stasiun Cirebon.

"Kegiatan penanaman pohon ini diharapkan juga dapat menyerap polusi udara di lingkungan stasiun sehingga bisa menjadi paru-paru kota," ujar dia.

Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved