Mendung, Warga Cirebon Kecewa Tidak Bisa Lihat Gerhana Matahari

Di Kabupaten Cirebon, mulai dari pukul 10.30 WIB hingga 11.30 WIB, terpantau berawan, hal tersebut terlihat dari awan hitam yang menggelayut di langit

Mendung, Warga Cirebon Kecewa Tidak Bisa Lihat Gerhana Matahari
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Warga Kabupaten Cirebon, mengaku tidak bisa menyaksikan langsung gerhana matahari sebagian yang terjadi pada hari ini, Kamis (26/12/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Warga Kabupaten Cirebon, mengaku tidak bisa menyaksikan langsung gerhana matahari sebagian yang terjadi pada hari ini, Kamis (26/12/2019).

Di Kabupaten Cirebon, mulai dari pukul 10.30 WIB hingga 11.30 WIB, terpantau berawan, hal tersebut terlihat dari awan hitam yang menggelayut di langit dan menutupi posisi matahari.

Iwan (36), warga Kecamatan Sumber, mengatakan, kalau ia sudah menantikan ingin menyaksikan gerhana matahari sebagian, namun tidak jadi lantaran langit di Kabupaten Cirebon mendung.

"Mendung dari pagi tadi, apalagi tadi sempat ada hujan juga," kata Iwan di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (26/12/2019).

Warga lainnya, Rika (22), mengatakan, akibat cuaca berawan tersebut, ia akan tetap menyaksikan gerhana matahari langsung, namun dari situs streaming atau siaran televisi.

Rika menambahkan, meskipun kecewa, namun hal tersebut sangat wajar, karena beberapa hari terakhir ini, wilayah Kabupaten Cirebon sering diguyur hujan.

Suara Takbir Menggema di Cimahi, Ratusan Orang Padati Alun-alun dan Masjid Agung Cimahi

"Sekarang sudah ada internet, bisa dilihat secara jelas," katanya.

Sejumlah warga berkumpul di Taman PKK Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian menggunakan teleskop, Kamis (26/12/2019).

Pantauan Tribun Jabar, sejumlah warga yang berkumpul untuk menyaksikan gerhana sebagian tersebut, mencoba melihat matahari menggunakan teleskop buatan dari bahan pipa paralon milik anggota Cirebon Astronomy Club (CAC).

Dalam gelaran Cirebon Melihat Gerhana (CMG) yang dilakukan oleh CAC, komunitas tersebut menyediakan tiga teleskop berbagai ukuran, kacamata gerhana, dan alat proyeksi pinhole.

Ini Naskah Khutbah Shalat Gerhana Matahari Cincin

Tidak hanya menyediakan alat untuk menyaksikan fenomena alam tersebut, anggota CAC pun memberikan edukasi kepada warga yang datang, terutama bagi anak-anak terkait gerhana.

Slamet Riyadi (20), anggota CAC, mengatakan, kalau komunitasnya tersebut telah mempersiapkan sejak beberapa waktu lalu untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian.

"Sudah lama kami persiapkan, sampai alat juga dibuat sendiri," kata Riyadi Taman PKK Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (26/12/2019).

Polres dan BNN Kota Cirebon Pastikan Tidak Ada Sopir Bus Positif Narkoba di Terminal Harjamukti

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved