Raker Pembangunan Pemberdayaan Perekonomian Desa Provinsi Jawa Barat

Rapat kerja Pembangunan Pemberdayaan Perekonimian Desa Provinsi Jawa Barat.

Raker Pembangunan Pemberdayaan Perekonomian Desa Provinsi Jawa Barat
istimewa
Raker Pembangunan Pemberdayaan Perekonomian Desa Provinsi Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gelontoran dana yang mengalir ke kantong kas pemerintah desa di Jawa Barat menghadirkan peluang dan tantangan tersendiri dalam pengelolaannya.

Seperti diketahui, setiap tahun seluruh desa di Jawa Barat yang berjumlah 5.312 mendapat kucuran dana ratusan juta hingga miliaran yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), anggaran pendapatan dan ada daerah (APBD), hibah, pendapatan asli desa, maupun sumber-sumber lainnya.

Seturut amanat Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, pengelolaan dana bisa dilakukan untuk berbagai keperluan belanja dan pembiayaan desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat, tak terkecuali melakukan pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia maupun eksplorasi sumber daya ekonomi dan usaha dalam bentuk BUMDes yang bisa mewujudkan kesejahteraan desa.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai nahkoda regional telah memiliki rancang bangun untuk mengarahkan pengelolaan dana desa tersebut agar lebih optimal.

Beberapa program telah dijalankan, khususnya One Village One Company (OVOC) yang dirancang guna meningkatkan daya saing perekonomian desa dengan mendorong dan memfasilitasi secara penuh agar desa-desa di Jawa Barat bisa menunjukkan ciri khas dan mengolahnya sebagai sumber pendapatan bagi masing-masing desa. 

Strategi tersebut, dijalankan melalui pembangunan BUMDes-BUMDes yang menjadi motor penggerak utama sekaligus ruang inkubasi produk-produk yang dikembangkan.

Aparat desa, didorong untuk berperan menggali dan memilah potensi sekaligus meyuntikkan semangat kepada seluruh warga menghasilkan usaha yang menggeliat.

Sebagai bank pembangunan daerah, bank bjb senantiasa berperan aktif memberikan sokongan kepada pemerintah agar cita-cita menciptakan desa unggulan di Jawa Barat bisa terwujud.

bank bjb yang sedari mula ikut terlibat aktif dalam program OVOC, siap untuk turun tangan lebih jauh demi mengakselerasi rencana pemerintah dalam mendorong laju perekonomian desa. 

Lewat strategi yang terukur, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb M As'adi Budiman mengatakan bank bjb siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk membidani kelahiran BUMDes-BUMDes baru.

Halaman
123
Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved