Libur Natal dan Tahun Baru

Bandung Utara Mulai Dipadati Wisatawan, Ekor Kemacetan hingga Pasteur Kota Bandung

Sejumlah pengalihan kendaraan dilakukan di utara Kota Bandung arah Lembang Kabupaten Bandung Barat, pada Senin (23/12) jelang Natal dan Tahun Baru.

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Kendaraan dari arah Gerbang Tol Pasteur menuju pusat Kota Bandung mulai mendominasi jalan layang Pasupati, pada Senin (23/12/2019) jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah pengalihan kendaraan dilakukan di utara Kota Bandung arah Lembang Kabupaten Bandung Barat, pada Senin (23/12) jelang Natal dan Tahun Baru.

Pasalnya, volume kendaraan wisatawaan dari luar Kota Bandung sudah berjubel. Umumnya, kendaraan datang dari arah Gerbang Tol Pasteur kemudian menuju Lembang via Jalan Sukajadi-Jalan Setiabudi.

"Pagi tadi hingga siang, jalur menuju Lembang ekor kemacetan sudah sampai Sukajadi. Siangnya sudah sampai Pasteur," ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo di Jalan Cihampelas Bandung, Senin (23/12/2019).

Jalur Sukajadi - Jalan Setiabudi merupakan akses utama menuju kawasan Lembang dan sekitarnya yang banyak destinasi wisata sekaligus hotel.

"Sepanjang hari ini antisipasi yang kami lakukan dengan pengalihan kendaraan. Di Sukajadi, masuk ke Karangsetra lalu masuk Gegerkalong. Dari Gegerkalong tidak langsung kami arahkan ke Setiabudi tapi kami alihkan lagi," ujar Bayu.

Mendekati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah mulai dipadati wisatawan, sehingga arus lalu lintas pun tampak sudah mulai mengalami kemacetan. Polisi berlakukan buka tutup, Senin (23/12/2019).
Mendekati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah mulai dipadati wisatawan, sehingga arus lalu lintas pun tampak sudah mulai mengalami kemacetan. Polisi berlakukan buka tutup, Senin (23/12/2019). (Tribunjabar.id/Hilman Kamaludin)

Dari sejumlah laporan yang masuk, kata dia, obyek wisata di sepanjang jalur menuju Lembang tempat parkirnya sudah penuh.

Antrean masuk ke lokasi wisata ditambah volume kendaraan yang meningkat jadi salah satu sumber kemacetan.

"Ada sejumlah tempat wisata baru juga di wilayah utara Kota Bandung. ‎Volume kendaraan diprediksi meningkat hingga akhir tahun," ujar Bayu.

Mendekati Natal dan Tahun Baru, Kawasan Lembang Dipadati Wisatawan Hingga Terjadi Kemacetan

Ia mengimbau wisatawan maupun warga yang hendak wisata ke arah Lembang mengikuti arahan petugas supaya situasi lalu lintas tetap lancar.

"Kami berupaya menghindari kemacetan stuck. Kami imbau pengguna jalan untuk tetap mengikuti arahan petugas kami di lapangan," ujar dia.

Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema menambahkan, pihaknya jauh hari sudah berkoordinasi dengan Pemkab Bandung Barat, utamanya soal pengaturan lalu lintas di kawasan wisata Lembang.

"Kami bersinergi untuk pengaturan lalu lintas. Saat jumlah pengunjung banyak, volume kendaraan meningkat, perlu pengaturan," ujarnya.

Pengaturan dimaksud Kapolrestabes yakni serangkaian seperti pengalihan arus hingga pemberlakuan buka tutup kendaraan.

"Nanti ada diskresi kepolisian, baik pengalihan arus maupun buka tutup jalur supaya tidak terjadi kepadatan," kata Irman.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved