RSUD Sumedang Jadi Bagian Pilot Project Global Budgeting BPJS, Harap Tak Ada Tunggakan Lagi

Nota kesepahaman telah ditandatangani antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan pihak BPJS di RSUD Kabupaten Sumedang

Tribunjabar/Seli Andina Miranti
BPJS Kesehatan masih memiliki utang pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- RSUD Kabupaten Sumedang dan rumah sakit lainnya di Kabupaten Sumedang menjadi bagian dari pilot project dari program BPJS model pembayaran Global Budget.

Nota kesepahaman telah ditandatangani antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan pihak BPJS di RSUD Kabupaten Sumedang, Senin (16/12/2019).

Selain RSUD Kabupaten, ada dua rumah sakit lainnya yang ikut dalam Global Budget tersebut, yaitu RS Pakuwon dan RS Mitra.

"Di Indonesia ini hanya beberapa (daerah yang berpartisipasi), di Jabar hanya Sumedang yang dijadikan sebagai pilot project," ujar Dirut RSUD Kabupaten Sumedang, Aceng Solahudin.

Melalui Global Budgeting, sistem pembayaran BPJS terhadap rumah sakit akan berubah, tidak lagi dibayar pada akhir, melainkan langsung.

BPJS Kesehatan Masih Utang Rp 27 Miliar ke RSUD Sumedang

Berkunjung ke Tribun Jabar, BPJS Kab Bandung Ceritakan Program Jemput Bola Gunakan Mobil Keliling

Global Budget merupakan sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada anggaran atau sejumlah besaran biaya yang ditentukan lewat hasil negosiasi.

Anggaran yang ditentukan disepakati oleh kedua belah pihak untuk jangka waktu tertentu.

Aceng Solahudin berharap, pilot procet ini akan menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pohak, terutama rumah sakit yang sering 'ditunggak'.

"Karena dengan Global Budgeting ini, sistem pembayaran BPJS terhadap RS akan otomatis langsung, tidak seperti sekarang yang ada tunggakan," ujarnya.

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved