Nasib Bandara Kertajati BIJB dan Husein Sastranegara, Dishub Klaim Sama-sama Ramai

Pemprov Jabar BIJB Kertajati di Majalengka dan Bandara Internasional Husein Sastranegara di Kota Bandung dapat sama-sama berkembang

Nasib Bandara Kertajati  BIJB dan Husein Sastranegara, Dishub Klaim Sama-sama Ramai
Kolase Tribun Jabar
Suasana Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung dan BandaraInternasional Jawa Barat ( BIJB) Kertajati, Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) Kertajati di Majalengka dan Bandara Internasional Husein Sastranegara di Kota Bandung dapat sama-sama berkembang dan tetap ramai dimanfaatkan para penumpang baik dalam maupun luar negeri.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, mengatakan Bandara Kertajati tengah mengalami kunjungan penumpang yang stabil, bahkan terus meningkat pada akhir tahun ini.

Begitupun dengan Bandara Husein yang tetap melayani sejumlah rute domestik dan internasional.

Proses pengisian avtur dari mobil tangki Pertamina ke pesawat yang akan take off di BIJB Kertajati, Kabupaten Cirebon, Selasa (10/9/2019).
Proses pengisian avtur dari mobil tangki Pertamina ke pesawat yang akan take off di BIJB Kertajati, Kabupaten Cirebon, Selasa (10/9/2019). (tribunjabar)

"Pax-nya stabil (Kertajati dan Husein). Kalau katanya Husein ingin diramaikan kembali, memang selama ini tidak ramai. Kalau menurut kami Husein sejauh ini normal-normal saja, hanya ada pembagian dengan Kertajati," kata Hery di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Hery mengatakan pihak yang menyatakan Bandara Husein jadi sepi setelah sebagian rutenya dipindah ke Bandara Kertajati, diminta untuk memperlihatkan datanya.

Berdasarkan data dinasnya, kata Hery, jumlah penumpang di dua bandara tersebut tetap stabil.

"ATR masih di sana bahkan ke Banyuwangi juga nambah. Rute internasional tetap di situ. Kita bicara data saja, kalau memang harus diramaikan, apa yang enggak ramai, masih ramai kok," katanya.

Bandara Husein Sastranegara akan Menjadi Pusat Bengkel Pesawat
Bandara Husein Sastranegara akan Menjadi Pusat Bengkel Pesawat (tribunjabar/siti fatimah)

Jikapun penerbangan Husein terus ditambah, pihaknya mempertanyakan apakah bandara tersebut mampu menampung keramaian tersebut, termasuk untuk 10 tahun kemudian.

Karena sampai saat ini, Husein sendiri kewalahan menambah rute penerbangan akibat padatnya penerbangan.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved