BPSDM Provinsi Jawa Barat Gelar Pendidikan dan Pelatihan Kades Sebagai “PANGLIMA DESA”

Salah satu program pengembangan kompetensi Kades yaitu Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara “PAKADES PANGLIMA DESA”

BPSDM Provinsi Jawa Barat Gelar Pendidikan dan Pelatihan Kades Sebagai “PANGLIMA DESA”
Istimewa

Kades Sebagai “PANGLIMA DESA”

          Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat gelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Entrepreneurs Leadership Kepala Desa (Kades) Juara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang dibuka secara resmi oleh Kepala BPSDM Jabar, Muhamad Solihin, Senin (02/12) di Ruang Amphitheater BPSDM Provinsi Jawa Barat. Pada kegiatan tersebut Solihin menyampaikan bangganya kepada para peserta yang merupakan Kades yang inspiratif dan inovatif yang terpilih dari 630 Kades yang telah mengikuti diklat tata kelola desa tahun 2019.

          Hal ini tentunya menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi Kades untuk meningkatkan kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai orang nomer satu di desanya masing-masing. Solihin menambahkan, membentuk sosok Kepala Desa yang professional perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pengembangan kompetensi, BPSDM Jabar sebagai organisasi pembelajaran membantu perbaikan dan peningkatan pelayanan Pemerintahan Desa melalui peningkatan Kepala Desa,

Tentunya memiliki peran dalam mewujudkan Kades yang berkualitas yang dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Salah satu program pengembangan kompetensi Kades yaitu Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara “PAKADES PANGLIMA DESA” yang memiliki kepanjangan Pengembangan Kompetensi Kepala Desa yang Profesional, Aktif, Ngabret, Leadership Inovatif, dan Mandiri.

          Solihin mengumpamakan, Entrepreneurs Leadership merupakan kepemimpinan perusahaan dimana para Kades harus mampu menjadi pemimpin yang memiliki kemampuan mensejahterakan masyarakat desanya. Melalui diklat ini lanjutnya, Kades diharapkan memiliki kemampuan untuk menciptakan ide atau gagasan untuk kemajuan desa, memiliki kemampuan kolaborasi serta mengembangkan jejaring di desa, Kades memiliki kemampuan menggali potensi desa untuk menjadi investasi desa dan mengikuti kemajuan teknologi.

          Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial, Wawan Suwandi memaparkan, diklat Entrepreneurs Leadership diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Kades sebagai PANGLIMA (Profesional, Aktif, Ngabret, Leadership, Inovatif, Mandiri) dalam melaksanakan pembangunan desa, meningkatkan ide, perkembangan teknologi, menggali potensi desa serta mampu membuat perubahan desa menjadi lebih baik.

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved