Situ Ciburuy Mengering, Wagub Jabar Prihatin karena Roda Perekonomian Warga Lumpuh

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum merasa prihatin dengan kondisi obyek wisata Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang

Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau Situ Ciburuy. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum merasa prihatin dengan kondisi obyek wisata Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat yang saat ini airnya surut akibat musim kemarau.

Mengeringnya air Situ Ciburuy membuat sejumlah pedagang dan pengusaha sewa perahu tidak mendapatkan penghasilan karena obyek wisata tersebut saat ini bagian tengah yang dulu tergenang air kini bisa digunakan untuk berjalan kaki, bahkan bermain bola.

Sejumlah perahu yang biasa disewakan ke wisatawan untuk berkeliling situ hanya terdampar di tepian situ karena sudah tidak ada lagi wisatawan yang ingin menyewa perahu untuk berkeliling Situ Ciburuy.

"Situ yang seharusnya mampu menjadi pendapatan ekonomi warga sekitar kini harus mandek, saya merasa prihatin. Lihat sekarang sudah dipakai main bola oleh anak anak," ujarnya saat ditemui di Situ Ciburuy, Rabu (20/11/2019).

Disdik Kota Bandung Sebut Pemberian Anak Ayam ke Siswa Mengandung Sejumlah Pelajaran Ini

Selain air yang surut, Uu juga memperhatikan area Situ yang saat ini tandus, padahal kata Uu, pohon di situ Ciburuy beberapa tahun yang lalu cukup rindang, namun saat ini pohon-pohon disekitar situ sudah hampir punah.

"Rumput sudah tumbuh, air tinggal sedikit, tempat naik perahu dulu di atas sekarang sudah di bawah. Ini jadi keprihatinan bagi kami, harapan kami masyarakatpun ikut prihatin," katanya.

Pihaknya juga berharap pohon di sekitar Situ Ciburuy bisa kembali ditanam, sehingga harus ada kesadaran masyarakat, karena jika menunggu pemerintah yang tidak mendorong, masalahnya akan tetap seperti itu.

"Saya mengimbau agar masyarakat bersama pemerintah daerah bahu membahu menjaga Situ Ciburuy dengan menanam pohon dan semoga bisa segera terisi kembali airnya seiring musim hujan mulai datang," ucap Uu.

Anak Bupati Majalengka Resmi Ditahan, Kini Kabag Ekbang Setda Pemkab Majalengka Dijabat Plh

Menurut dia, dengan terisinya kembali air di Situ Ciburuy akan mampu mengembalikan kembali geliat ekonomi warga sekitar, namun masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama menjaganya, termasuk pohon-pohon yang sudah tumbuh setelah ditanam.

"Saya berharap tidak ada penebangan di area situ. Jadi harus mewariskan mata air kepada masyarakat jangan mewariskan air mata kepada anak cucu kita," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved