Genjot Kunjungan Pariwisata Jawa Barat, Ridwan Kamil Luncurkan Smiling West Java

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali menegaskan salah satu visi selama dirinya menjabat sebagai pemimpin Jawa Barat adalah menjadikan Jawa Barat

Genjot Kunjungan Pariwisata Jawa Barat, Ridwan Kamil Luncurkan Smiling West Java
Tribun Jabar/Lutfi AM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakar ikan di West Java Festival 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali menegaskan salah satu visi selama dirinya menjabat sebagai pemimpin Jawa Barat adalah menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata.

Selain memiliki fokus memperbaiki akses dan pengembangan destinasi wisata, gubernur yang akrab disapa Emil ini meluncurkan aplikasi bernama Smiling West Java, sebagai salah satu infrastruktur pendukung.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa pariwisata harus menjadi lokomotif ekonomi Jawa Barat karena potensinya sudah dimiliki.

Industri ini dianggap bisa menumbuhkan dan memberikan kesejahteraan multidimensi kepada masyarakat.

Terlebih, dari data yang dimiliki, sejauh ini Jawa Barat dikunjungi 60 juta wisatawan domestik setiap tahun. Kebanyakan dari mereka datang untuk menikmati alam.

“Saya berkomitmen Jawa Barat harus menjadi Provinsi Pariwisata. Jika industri ini tumbuh, maka akan banyak lapangan pekerjaan, peluang, pun terbuka untuk yang ingin berbisnis. Masyarakat bisa membuka warung, menawarkan jasa penginapan dan lain-lain,” kata Ridwan Kamil di acara West Java Festival, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019).

VIDEO-Serunya Bermain Permainan Tradisional Bareng Komunitas Hong di West Java Festival

Ridwan Kamil mengatakan, hal ini membuat kesempatan bagi semua orang dari kelas kecil sampai kelas besar, dari tukang parkir hingga konglomerat, punya peluang memanfaatkan potensi pariwisata untuk membuat usaha baru.

Selain mengembangkan destinasi yang sudah ada, ia mengaku terus mencari sejumlah obyek wisata tak populer di Jawa Barat untuk dikembangkan.

Dukungan perbaikan infrastruktur dan promosi pun terus berjalan. Anggaran yang disiapkan untuk merealisasikan visi dan misi tersebut sekitar Rp 500 miliar, dipecah untuk event atau wisata kota.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved