Teten Masduki, Orang Garut Alumnus Teknik Kimia UPI, Menteri Koperasi UMKM, Begini Kata Rekannya

Teten Masduki didaulat Presiden RI Joko Widodo sebagai Menteri Koperasi dan UMKM. Teten Masduki dilantik sebagai

Teten Masduki, Orang Garut Alumnus Teknik Kimia UPI, Menteri Koperasi UMKM, Begini Kata Rekannya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Teten Masduki didaulat Presiden RI Joko Widodo sebagai Menteri Koperasi dan UMKM. Teten Masduki dilantik sebagai menteri hari ini di Istana Presiden, Jakarta Rabu (23/10/2019).

Sosok Teten sudah tidak asing lagi. Di periode pertama kepemimpinan Joko Widodo alias Jokowi, Teten jadi staf khusus presiden. Jauh sebelumnya, ia sempat maju di Pilkada Gubernur Jabar 2013 sebagai calon wakil gubernur bersama Rieke Diah Pitaloka.

Teten juga dikenal sebagai pendiri Indonesia Corruption Watch ICW). Teten merupakan pria kelahiran Garut 6 Mei 1963 dan lulusan Teknik Kimia Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bandung, salah satu rekannya, Harjoko Sangganegara.

"Seingat saya Teten juga aktivis pergerakan selama jadi mahasiswa IKIP Bandung. Kami pernah sama-sama bergiat dalam perjuangan dan pemikiran di GMNI Bandung. Belakangan dia bersama kawan-kawan, menceburkan diri ke pergerakan cross over, dekat dengan kelompok di sekitar Adnan Buyung Nasution yang memungkinkan memiliki pergaulan aktivismi sampai ke luar negeri," ujar Harjoko via ponselnya, Rabu (23/10/2019).

PREDIKSI BOBOTOH GEULIS - Persib Bandung Sedang Oke, Tapi Jangan Terlena Bhayangkara FC Tim Kuat

Dalam struktur kepengurusan Indonesia Corruption Watch (ICW) 2018, Teten tercatat sebagai anggota dewan etik.

‎"Belakangan ia bergiat dalam gerakan anti korupsi dalam ICW dimana dia jadi tokoh sentralnya. Teten itu aktivis sosial dan anti korupsi, dekat dengan masyarakat, kinerja bagus. Tugasnya menjadikan koperasi dan UMKM agar go global dengan memperkuat permodalan, meningkatkan skill dan memperluas jaringan pelaku UMKM serta melakukan modernisasi koperasi," katanya.

Harjoko yang juga lulusan doktor UPI dan praktisi pendidikan ini juga turut berbangga rekan satu kampusnya menambah jajaran nama alumni yang masuk kabinet setelah sebelumnya ada Enggartiasto Lukito.

"Sebagai sesama alumni UPI saya ikut bangga. Saya kira ini sesuai dengan kebijakan presiden untuk berkonsentrasi pada pembangunan SDM," kata dia.

Ia menambahkan, secara simbolis, ini menjadi tugas UPI sebagai institusi pendidikan tinggi untuk berkontribusi dalam pembangunan SDM melalui koperasi.

"Saya kira institusi UPI dengan bidang keilmuannya yang relevan akan mendukung Teten dengan memberikan masukan baik diminta maupun tidak," ujar Harjoko yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung ini.

Kecanduan Game, Medsos, dan Belanja Online, Kasus yang Banyak Ditemukan di Rumah Sakit Jiwa

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved