Objek Wisata Kawah Putih Sudah Dibuka Lagi untuk Wisatawan, Kebakaran Hutan Sudah Padam

Kepala BPBD Kabupaten Bandung juga menuturkan pada pukul 15.00 WIB, hari ini, Kawasan Objek Wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka untuk wisatawan.

Objek Wisata Kawah Putih Sudah Dibuka Lagi untuk Wisatawan, Kebakaran Hutan Sudah Padam
Tribun Jabar/ Mumu Mujahidin
Ratusan pengunjung tampak Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Putih Ciwidey tampak memadati objek wisata ini, Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (18/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, MARGAHAYU- Helikopter Water Bombing M-171 berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kawah Putih pada Jumat (11/10/2019) kemarin.

Pendinginan pascapemadaman kebakaran hutan di Kawah Putih membutuhkan hingga 11 kali pengeboman air dari udara.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara menuturkan setelah pemadaman secara optimal sejak Kamis (10/10/2019), Karhutla di Kawah Putih padam pada Jumat (11/10/2019).

"Baru bisa optimal di Kawah Putih itu hari Jumat setelah 11 kali bombing, drop air ke Kawah Putih dari Situ Patengan," katanya saat menggelar Pers Conference di Lanud Sulaiman, Margahayu, Sabtu (12/10/2019).

"Alhamdulillah sampai tadi pagi setelah dilihat dari foto udara dan dipastikan juga dengan operasi darat oleh TNI, Polri dan masyarakat dan relawan Alhamdulillah sampai saat ini Kawah Putih sudah padam," katanya.

Para pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kawasan Objek Wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, yang terjadi Senin (7/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB menyita perhatian banyak orang.
Para pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kawasan Objek Wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, yang terjadi Senin (7/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB menyita perhatian banyak orang. (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

Bahkan Adjo sapaan akrab Kepala BPBD Kabupaten Bandung juga menuturkan pada pukul 15.00 WIB tadi Kawasan Objek Wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka untuk wisatawan.

Suka & Duka Pemadam Kebakaran Hutan di Kawah Putih, Jalan Kaki 5 Km, Nyanyi-nyanyi Hilangkan Stres

Kabut Turun Lebih Cepat, Helikopter Water Bombing M-171 Batal Padamkan Api di Kawah Putih

Meski terbatas, karena masih ada area-area yang ditutup seperti Sunan Rama dan Sunan Ibu karena masih rawan.

"Sebaiknya pengelola membuat imbauan lanjutan, selain tiket masuk pengelola diharapkan dapat memberikan stiker-stiker yang bisa disampaikan kepada pengunjung tentang bahaya kebakaran. Jangan sampai mereka menyulut sampah, bermain api karena ini berbahaya dan merugikan kita semua," tuturnya.

Sementara untuk Karhutla di Gunung Puncak Mega Malabar sendiri tim gabungan Satgas Karhutla Kabupaten Bandung akan mulai fokus malam ini untuk melakukan pemadaman.

"Malabar sesuai dangan hasil rapat tadi kami akan fokus malam ini. Tim darat akan mulai bergerak dan besok pagi bahkan sore ini tim udara Heli Water Bombing terus bekerja untuk melakukan penyiraman-penyiraman air ke titik-titik api," ungkapnya.

Menurutnya, masih ada 3 titik api di lereng Gunung Malabar yang belum padam. Jadi mulai malam nanti tim gabungan Satgas Karhutla akan fokus pemadaman di Malabar.

"Karena waktu tanggap darurat dari tanggal 8-14 Oktober, jadi masih ada waktu sampai hari Senin. Jadi dari sisa waktu ini akan kami maksimalkan baik tim udara maupun tim barat sehingga dapat dipastikan api benar-benar padam," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved