Kabut Turun Lebih Cepat, Helikopter Water Bombing M-171 Batal Padamkan Api di Kawah Putih

Terkendala cuaca, Helikopter Water Bombing M-171 milik BNPB gagal beroperasi di Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung

Kabut Turun Lebih Cepat, Helikopter Water Bombing M-171 Batal Padamkan Api di Kawah Putih
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Helikopter Water Boombing di Kawah Putih 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, RANCABALI - Terkendala cuaca, Helikopter Water Bombing M-171 milik BNPB gagal beroperasi di Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung, Kamis (10/10/2019). Hal itu disebakan oleh kabut yang turun lebih awal sekitar pukul 09.30 WIB.

"Hari ini seharusnya proses pendinginan di Sunan Ibu. Tadi memang betul mau pakai heli tapi kebetulan Kawah Putih ini sulit diprediksi cuacanya," ujar General Manager KBM (Kesatuan Bisnis Mandiri) Wisata Ecotourism Perhutani Unit III Jabar dan Banten Wismo Tri Kencono di lokasi, Kamis (10/10/2019) siang.

Oleh karena itu prioritas pemadaman digeser ke Karhutla di Petak 31A Puncak Mega Malabar. Dan proses pemadaman di Kawah Putih kembali dilanjutkan secara manual oleh tim Satgas Karhutla TNI, Polri, Perhutani, masyarakat, dan Damkar Kabupaten Bandung.

"Iya tadi teman-teman sudah lihat pergerakan dimulai lagi ke pelaksanaan secara manual. (Pemadaman) difokuskan di Sunan Rama mengarah ke Cipanganten," katanya.

Perantau Asal Indramayu di Wamena Akhirnya Pulang, Harta Benda Ludes Saat Kerusuhan

Menurutnya secara umum api sudah bisa dikendalikan sehingga sudah bisa dilokalisir dan tinggal dilakukan pendinginan. Akibat terkendala kabut, pendinginan akan dilakukan secara manual.

"Kalau dibilang padam belum, artinya masih ada bara api dan lain-lain yang perlu didinginkan," ujarnya.

Wismo menambahkan pihaknya belum menghitung secara rinci berapa jumlah lahan yang terbakar akibat karhutla ini. Termasuk kerugian materi akibat objek wisata Kawah Putih yang belum beroperasi.

"Luas lahan masih belum diukur, teman-teman masih mengecek ke lapangan. Kami belum dapat datanya, termasuk kerugian, ini kan masih berproses," katanya.

Menurut pantauan Tribun Jabar, Helikopter Water Bombing M-171 milik BNPB ini sempat melakukan pengecekan udara di atas Kawah Putih sekitar pukul 09.00 WIB. Namun akibat cuaca buruk, Water Bombing gagal melakukan pemadaman di Kawah Putih.

Ini Dia Selebriti Terkaya di DPR, Kekayaannya Lampaui Krisdayanti dan Mulan Jameela

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved