Serunya Lomba Memasak di Festival Kuliner Indomaret

Peserta lomba memasak di acara festival kuliner Indomaret yang diadakan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro

Serunya Lomba Memasak di Festival Kuliner Indomaret
Tribun Jabar
Sejumlah pengunjung mengikuti lomba masak pada gelaran Festival Kuliner Indomaret 2019 di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (6/10/2019). Lomba ini diikuti puluhan peserta, setiap peserta terdiri dari dua orang. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR,ID, BANDUNG - Peserta lomba memasak di acara festival kuliner Indomaret yang diadakan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (6/10/2019), tampak begitu serius ketika harus memasak ayam asam manis sebagai menu yang dibuat.

Bahan masakan seperti sayuran paprika merah, hijau, bawang bombay, daging ayam, tepung maizena, tepung terigu, dan bahan dapur lainnya tampak tersedia di atas meja yang ada.

Diberi waktu hanya 20 menit, peserta lomba memasak harus segera membuat menu ayam asam manis yang sebelumnya telah dipraktekan oleh Chef Ikin dia tas panggung.

Peserta yang ikut lomba tampak begitu serius dan bergerak cepat karena harus memasak dengan batas waktu yang cukup singkat.

Mulai dari memotong daging, membuat bumbu tepung ayam, membuat saus asam manis, hingga menghidangkan masakan dengan tampilan yang cantik menjadi penilaian dari Chef Ikin.

Bandung Champions City, Wahana Baru Wisata Pendidikan di Lucky Square Mall Bandung

Untuk membuat ayam asam manis ala Chef Ikin, ia membuat masakannya lebih simple dan tentunya mudah dibuat dirumah.

"Ayamnya dipotong dadu lalu diberi garam dan merica. Satu fillet ayam bisa dimasak untuk satu porsi makan," ujar Ikin, Minggu (6/10/2019)

Untuk tepungnya, Ikin membuat adonan dari dua sendok tepung terigu, satu sendok tepung maizena, dan satu butir telur ayam yang diaduk menjadi satu.

"Tepung maizena ini bisa membuat tepungnya jadi krispi. Supaya matang hingga ke dalam daging, nyalakan apinya jangan terlalu besar. Angkat ayam hingga warnanya cokelat keemasan," ujarnya sambil mempraktekan.

Supaya tampilannya semakin cantik, Chef Ikin menganjurkan bisa menggunakan paprika yang berwarna lalu ditata rapih.

Perlombaan ini dibagi menjadi dua sesi, para peserta terlihat begitu serius ketika memasak. Tampilannya pun dibuat kreatif dan menarik.

Program Sadesha Pemprov Jabar hingga Saat Ini Sudah Cetak 1.300 Tahfiz Quran

Pengumuman pemenang lomba memang diumumkan cukup siang, namun beberapa peserta rela menunggu lama karena penasaran hasil dari lomba memasak tersebut.

Hingga akhirnya pemenang lomba memasak jatuh kepada Sinta Komalasari warga Sukasari dan memenangkan hadiah pertama Rp 1.000.000, Roni Agustin warga Cibadak memenangkan hadiah kedua senilai Rp 750.000, dan juara ketiga dimenangkan oleh Enung Sri warga Kiaracondong dengan hadiah senilai Rp 500.000.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved