Mengenal Situ Jambansari, Mata Air yang Tak Pernah Berhenti Mengalir Meski Musim Kemarau

Meski berada di pusat keramaian Ciamis Kota, situ yang berada di komplek Situs Makam Jambansari ini airnya tetap melimpah.

Mengenal Situ Jambansari, Mata Air yang Tak Pernah Berhenti Mengalir Meski Musim Kemarau
Tribun Jabar/Andri M Dani
Tak pernah kering – Mata air Situ Jambansari yang berada di Komplek Situs Makam Jambansari Ciamis Kota ini tak pernah kering setiap musim kemarau. Termasuk pada musim kemarau yang panjang sekarang ini. Lata belakang: Komplek Makam Jambansari dengan cungkupnya yang khas dan menjulang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Meski berada di pusat keramaian Ciamis Kota, situ yang berada di komplek Situs Makam Jambansari  ini airnya tetap melimpah.

Tidak begitu surut meski keramau panjang sudah menyengat lebih dari empat bulan lalu.

Airnya jernih, terlihat jelas ikan lalu lalang di dalamnya. Tapi jangan bayangkan Situ Jambansari seperti luasnya Situ Gede di Tasikmalaya, atau Situ Wangi di Kawali maupun Situ Lengkong di Panjalu.

Situ yang berada di sisi komplek Situs Makam Jambansari tak lebih hanya sebuah kolam yang cukup luas.

“Tapi  airnya selalu mengalir, sumbernya dari mata air alam langsung. Sepengetahuan saya tidak pernah kering. Meski betapa terik dan lamanya musim kemarau,” ujar Ketua RT 03 RW 27 Lingkungan Lembur Situ Kelurahan Ciamis, Didih Mardiana (60) kepada Tribun Jumat (4/10/2019).

Maulana Meninggal saat Ikut Demo di Gedung DPR RI, Penyebabnya karena Asma, Polisi Beri Uang Duka

Namun menurut Didih, air Situ Jambansari ini tidak digunakan oleh masyarakat umum baik untuk kegiatan mandi cuci maupun untuk sumber air bersih.

"Tapi air situ ini meresap ke sumur-sumur yang berada di sekitar komplek Situs Jambansari, termasuk di RT saya. Meski kemarau,  sumur tetap berair,” katanya.

Biasanya air Situ Jambansari tersebut digunakan untuk ritual turun mandi terutama bagi anak-anak yang jadi penganten sunat.

Dari situ yang bening dan jernih itulah air mengalir ke sejumlah kolam dan hektaran sawah yang berlokasi di Komplek Situs Makam Jambansari dengan luas total areal mencapai sekitar 4 hektare tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Andri M Dani
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved