Sejumlah Wakil Rektor Perguruan Tinggi di Bandung Diskusikan Keberhasilan Mahasiswa Asal Papua

Sejumlah Wakil Rektor di Kota Bandung, menggelar kegiatan forum grup diskusi membahas upaya peningkatan sumber daya manusia bagi mahasiswa asal Papua

Sejumlah Wakil Rektor Perguruan Tinggi di Bandung Diskusikan Keberhasilan Mahasiswa Asal Papua
Tribun Jabar/Cipta Permana
Suasana berlangsungnya FDG bertajuk Bersama Membangun Papua, di Ruang Rapat Aula FISIP Unpas, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Minggu (15/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dari beberapa perguruan tinggi di Kota Bandung, menggelar kegiatan forum grup diskusi membahas upaya peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan bagi mahasiswa asal Papua yang tengah mengenyam studi di Kota Bandung.

Kegiatan bertajuk Bersama Membangun Papua yang diinisiasi oleh Forum Dialog Intelektual Jawa Barat (FDIJ) tersebut, berlangsung di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (Fisip Unpas), Minggu (15/9/2019)

Dekan FISIP Unpas, M. Budiana mengatakan, dalam kegiatan ini, para peserta berupaya untuk melakukan penguatan dalam program peningkatan kualitas SDM, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari Papua, sebagai kontribusi perguruan tinggi di Kota Bandung terhadap solusi masalah pembangunan yang dialami oleh masyarakat di wilayah Indonesia bagian Timur tersebut.

Kapolres Jamin Keamanan dan Kenyamanan Pelajar Asal Papua Saat Menempuh Pendidikan di Indramayu

1.500 Pelari Tua dan Muda Ramaikan Telkom University Half Marathon 2019

VIRAL ABG di Cianjur Bakar Motor Sendiri, Setelah Polisi Tanya STNK dan Bicara Sama Orangtuanya

"Saat ini banyak perguruan tinggi yang telah melakukan upaya pencarian solusi melalui pola-pola pendidikan umum maupun vokasional, untuk mempersiapkan dan menghasilkan kualitas SDM dari seluruh lulusannya, sebelum kembali dan mengabdi bagi masyarakat di daerah asalnya tidak terkecuali mahasiswa Papua," ujarnya di Ruang Rapat FISIP Unpas, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Minggu (15/9/2019).

Budiana menuturkan, dalam salah satu pembahasan diskusi menyatakan, ketidakberhasilan mahasiswa Papua dalam membangun daerahnya, akan menjadi tolok ukur, bahkan citra buruk bagi perguruan tinggi di Kota Bandung sebagai almamaternya.

Oleh karena itu, perguruan tinggi di Kota Bandung turut memiliki tanggung jawab dalam menghasilkan para alumni sebagai SDM yang memiliki kualitas dan kebermanfaatan bagi pembangunan dan masyarakat lain daerah asalnya.

"Saya meyakini bahwa selama ini semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Bandung, telah berupaya secara serius mendidik dan mengajari mereka untuk bisa menjadi lulusan yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan daerah asalnya. Bahkan, selama ini sudah banyak mahasiswa Papua yang telah menjadi alumni dari perguruan tinggi di Bandung yang mampu berhasil dan sangat bermanfaat setelah kembali ke Papua untuk mengamalkan dharma baktinya, ucapnya.

Ia menambahkan, hasil dari diskusi dan telah disepakati bersama, bahwa dalam mewujudkan peningkatan kualitas SDM mahasiswa Papua, akan dibentuknya suatu wadah khusus semacam Asrama Nusantara, yang didalamnya dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dari berbagai daerah termasuk mahasiswa Papua.

"Jadi Asrama Nusantara merupakan sarana peningkatan kompetensi dari para mahasiswa yang sedang mengenyam studi di Bandung dengan bernuansakan Bhineka Tunggal Ika. Sebab itulah pilar yang saat ini harus kita jaga bersama oleh segenap bangsa Indonesia," ujar dia.

Budiana berharap, upaya tersebut dapat didukung oleh seluruh perguran tinggi di Kota Bandung, sehingga menghasilkan sebuah sinergitas yang dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi pembangunan kualitas masyarakat Papua.

"Sehingga upaya ini akan menjadi nilai tambah positif yang berlebih guna mewujudkan SDM unggul dan pembangunan di wilayah Papua untuk mewujudkan misi Indonesia Maju," katanya. (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved