Lindungi Perempuan di Ruang Publik, Pemkot Bandung akan Kaji Aplikasi She's a Crowd

Sebagai satu di antara upaya pencegahan terjadinya pelecehan terhadap kaum perempuan, Pemkot Bandung akan mengkaji melalui teknologi She's a Crowd.

Lindungi Perempuan di Ruang Publik, Pemkot Bandung akan Kaji Aplikasi She's a Crowd
Tribunjabar/Cipta Permana
Pelaksna harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tanggapi rencana Kemenpan RB teekait penerapan ASN untuk dapat bekerja di rumah, usai menghadiri peluncuran Kampung Wisata Quran, Jalan Babakan Sari, Kota Bandung, Senin (12/8/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana  
 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai satu di antara upaya pencegahan terjadinya pelecehan terhadap kaum perempuan, Pemerintah Kota Bandung akan mengkaji setiap kasus melalui teknologi She's a Crowd.

She's a Crowd merupakan sebuah aplikasi layanan konsultasi yang dibuat oleh Zoe Condliffe, yang merupakan pemenang Kompetisi Datathon Australia.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku, dirinya mendapat banyak masukan terkait upaya perlindungan kaum perempuan di Kota Bandung, usai bertemu dan berkomunikasi dengan Zoe Condliffe belum lama ini. Menurutnya She's a Crowd dapat menjadi salah satu solusi alternatif yang dibutuhkan warga Kota Bandung.

"Melalui aplikasi ini perempuan-perempuan yang pernah mendapat tindak pelecehan bisa menceritakan peristiwa yang dialaminya agar mendapat solusi dan tidak dialami oleh perempuan lainnya. Jadi ini perlu diterapkan demi keselamatan masyarakat khususnya kaum perempuan, tapi tentu akan kita kaji dulu," ujarnya saat ditemui di Balaikota Bandung, Jumat (13/9/2019).

VIRAL Lagi Pesan Atasi Kemarau, Uapkan Air Garam di Ember Serentak Sabtu Ini, Begini Penjelasan BMKG

Festival of Light Bandung Digelar Malam Ini, Sejumlah Pengunjung Keluhkan Mahalnya Tiket Masuk

Besok Lawan Persib Bandung, Rahmad Darmawan Meminta Anak Asuhnya Waspadai Mang Omid Cs

Yana menuturkan, sebagai upaya preventif, pihaknya berencana menambah jumlah kamera pengawas atau CCTV dan penerangan jalan umum di beberapa titik lokasi yang kerap menjadi tempat terjadinya tindak kejahatan.

"Mungkin untuk keselamatan di jalan, kita juga akan perbanyak CCTV dan penerangan jalan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangun, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menambahkan, She’s a Crowd berkesinambungan dengan aplikasi Ur-Scape yang dimiliki oleh Pemkot Bandung.

Aplikasi bersifat “open source” ini merupakan peranti pendukung perencanaan ruang yang berbasis data spasial. Melalui aplikasi ini, Kota Bandung kini punya data integratif tentang tata ruang.

"Mudah-mudahan kalau ini memang sangat bermanfaat dan dibutuhkan berdasarkan hasil kajian, bukan tidak mungkin aplikasi ini bisa jadi diterapkan," katanya.(Cipta Permana)

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved