Berduka Meninggalnya BJ Habibie, Ridwan Kamil Instruksikan Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menginstruksikan pemasangan Bendera Merah Putih setengah tiang di depan kantor pemerintahan dan bangunan lainnya d

Berduka Meninggalnya BJ Habibie, Ridwan Kamil Instruksikan Pengibaran Bendera Setengah Tiang
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gedung Sate 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menginstruksikan pemasangan Bendera Merah Putih setengah tiang di depan kantor pemerintahan dan bangunan lainnya di Jawa Barat.

Hal ini seiring dengan surat dari Menteri Sekretaris Negara yang menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang sebagai ungkapan berkabung atas wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, Rabu (11/9/2019).

Di Jawa Barat, pemasangan bendera setengah tiang di Hari Berkabung Nasional tersebut dilakukan di semua kantor pemerintahan, termasuk Gedung Sate dan Gedung Pakuan Bandung.

"Hari ini sudah diinstruksikan memasang bendera setengah tiang di seluruh kantor, rumah-rumah penduduk. Kami mengimbau masyarakat di kantor dan rumah menaikan bendera setengah tiang," kata gubernur yang akrab disapa Emil ini di Gedung Pakuan, Kamis (12/9/2019).

Coach Indra Sjafri Mengaku Memiliki Banyak Kenangan Bersama BJ Habibie, Sempat Dinasehati

Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), Presiden ketiga RI.
Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), Presiden ketiga RI. (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Hal tersebut sesuai surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : B-1010/M.Sesneg/Set/ TU.0010912019 pada 11 September 2019 perihal Pengibaran Bendera Negara Setengah Tiang dan Hari Berkabung Nasional.

Dalam surat tersebut disebutkan, hal ini untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden Republik ketiga Republik lndonesia, yang telah wafat pada 11 September 2019 di Jakarta.

Lembaga pemerintahan ini diinstruksikan mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama tiga hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019.

Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional.

Ridwan Kamil mengatakan, dirinya pun langsung terbang ke Jakarta dari Bandung untuk menghadiri pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Ratusan Warga Duduk di Tepi Jalan di TMP Kalibata, Menunggu Mobil Pembawa Jenasah BJ Habibie

BJ Habibie Presiden Pertama Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Live Streaming KompasTV

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved